6 Macam-Macam Jenis Prosesor Intel Core Lengkap

 

Jenis Prosesor Intel Core

Pada artikel kali ini mimin akan membahas Jenis Prosesor Intel Core, sedangkan pada kesempatan sebelumnya pastinya sobat Jokam-Informatika.com sudah mengerti tentang prosesor seri lama lama yang di produksi oleh Intel dari versi arsitektur i386 sampai seri Pentium. Kali ini, saya akan menjelaskan tentang versi prosesor yang dibuat sudah canggih yang bernama versi Core. Kelebihan core dari versi sebelumnya adalah kemampuannya yang sudah berkali lipat karena sudah dilengkapi dengan banyak komponen dan sudah melalui proses yang panjang termasuk di tahap i386 sampai pentium. Sehingga terciptalah generasi prosessor yang baru.

Prosesor merupakan otak buatan komputer yang dibuat oleh manusia, kecerdasannya dapat melebihi rata-rata apabila terus dikembangkan tanpa henti setiap masa. Dengan adanya otak komputer dapat bekerja dengan maksimal dan lebih cerdas, komponen prosesor dibuat sekecil mungkin agar tidak terlalu memakan ruang badan komputer sehingga laptop akan terkesan lebih tipis atau komputer yang tidak terlalu besar.

 

Prosesor Intel Core – Jenis pertama prosesor pada mulanya hanya digunakan pada mesin kalkulator untuk membantu manusia didalam menghitung sesuatu secara mudah, kemudian mesin dikembangkan beserta Chips prosesor supaya lebih ekstra kinerjanya tidak mengecewakan dan mengagumkan. Maka terciptalah prosesor generasi Core.

Jenis prosesor Core mulai tenar di tahun 2000-an karena dirasa tidak cepat panas, mampu mengerjakan beberapa banyak tugas dan lain sebagainya.

Lalu Apa Sajakah Jenis Prosesor Core Produksi Intel ?

Baca selengkapnya dibawah ini untuk mempelajarinya,

 

1. Intel Xeon, Solo Core, Core Duo

Prosesor ini dirilis pada tahun 2006 dan setiap komponen prosesor ini memiliki keunggulan masing-masing. Diantara prosesor tersebut ada juga yang digunakan untuk komputer generasi sekarang.

Jenis Intel Xeon digunakan khusus untuk server dikarenakan dapat difungsikan untuk komputasi dengan performa yang tingggi. Prosesor ini dapat bekerja dengan kecepatan 1,4 s/d 2,8 GHz. Socket prosesor ini menggunakan jenis socket MicroPGA dengan jumlah kaki sebanyak 603 pin.

Intel Solo Core adalah jenis single core yang dikembangkan mengacu pada Intel Centrino. Sehingga fitur yang ada pada Solo Core dikatakan mirip dengan Intel Centrino maupun Pentium M.

Core Duo merupakan generasi selanjutnya dari pentium M, yang berkeluarga dengan dual core prosesor namun Core Duo lebih banyak dari Pentium M. CPU yang digunakan menggunakan 32 bit dengan kecepatan proses data 2,3 Ghz. Dengan memiliki cache memory sebesar 32Kb dengan socket sebanyak 775 buah.

 

2. Celeron Dual Core

Prosesor ini diproduksi pada tahun 2007 dan berkerja pada arsitektur CPU 64Bit. Celeron dual core merupakan prosesor dual core yang menggunakan socket LGA 775 yang memiliki jumlah pin sebanyak 478. Sedangkan proses datanya mencapai 1,8 sampai dengan 2 GHz.

 

3. Core i3

Prosesor ini dirilis pada tahun 2008, prosessor ini memiliki kecepatan yang tidak terlalu tinggi seperti generasi seri i5 dan i7. Namun prosesor ini memiliki kelebihan yakti tidak terlalu boros daya yang cuma membutuhkan daya 35 watt untuk beroperasi yang tidak seperti versi i5 dan i7. Prosesor ini bekerja pada 2 arsitektur yakni 32 dan 64bit tergantung dari varian OS yang dipakai. Sedangkan socket yang dipakai adalah LGA 1155 dan 1156.

 

4. Core i5

Prosessor ini dirilis pada tahun 2009, prosesor ini juga bekerja pada 2 arsitektur yakni 32 dan 64 bit tergantung dari varian OS. Core i5 sudah ditanamkan fungsi Northbridge didalam core prosesor(KIA) dan ini menjadikan prosesor i5 sebagai prosesor menengah dalam seri Core.

 

5. Intel Atom dan Core i7

Kedua prosesor ini dirilis pada tahun 2010 dan juga bekerja pada 2 arsitektur yaitu 32 dan 64 bit tergantung dari varian OS. Dan kedunya masih dikembangkan untuk keperluan diterbitkan seri lainnya yang lebih canggih tentunya dari prosesor paling tinggi saat ini.

Core i7 menggunakan chipset MCH didalamnya dan ini menyebabkan prosesor ini sebagai prosesor jenis paling tinggi dalam kinerjanya daripada seri-seri sebelumnya.

 

6. Intel Core i9

Merek Intel Core i9 baru diperkenalkan pada awal Mei 2017. Dan prosesor ini digadang-gadang memiliki kualitas yang sangat tinggi dengan cipset mikroprosesor multi-core. Hal ini didasarkan pada arsitektur mikro Skylake. Prosesor ini dirancang untuk penggunaan yang lebih tinggi yang mana untuk ditujukan kepada perangkat komputer dengan mekanisme daya komputasi yang lebih canggih.

Prosesor ini memiliki beberapa penilaian sebagai berikut ini :

  1. Core atau kapasitas inti yang cukup besar
  2. Mengkonsumsi daya yang tinggi
  3. Kinerjanya lebih cepat dan pintar
  4. Memiliki konektor desktop tunggal
  5. Memakai LGA 2066
  6. Menggunakan teknologi Intel Turbo Boost
  7. Menggunakan teknologi Hyper-threading
  8. Mampu melakukan proses 14 nanometer
  9. Berjalan dengan daya maksimumnya 140 Watt

Prosesor ini dirangkai untuk mendukung perangkat yang semakin tinggi, modern dan canggih terutama untuk pekerja kantoran dan juga gamers. Untuk versi mobile seluler memiliki soket BGA1440 standar dan diluncurkan pada tahun 2018 dan dibekali oleh enam core dengan hyperlink dan cache sebesar 12 MB kemudian di testing bisa mencapai angka 5 Gigahertz dalam kondisi normal. Selain itu pprosesor ini juga kompatibel ketika dipekerjakan bersama dengan RAM DDR4.

 

Seiring berkembangnya zaman, pihak intel akan terus mengembangkan dan merilis prosesor terbaru mereka untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan 6 Macam-Macam Jenis Prosesor Intel Core Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang prosessor seri Core Terbaru.
Sekian dan terimakasih.

 

Kata kunci terkait :

  • intel core b940
  • intel core benchmark
  • comparison intel core
  • celeron vs i3 intel core

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.