Awas Penipuan Hadiah Via SMS Dengan Memanfaatkan Web Gratisan

 

Penipuan Hadiah SMS

Jokam-Informatika.com Apakah sobat pernah menjadi korban penipuan ber-hadiah melalui SMS ?. Jika tidak pernah maka sobat wajib bersyukur karena masih dijaga oleh tuhan dari hal yang membuat anda merugi. Karena sudah banyak yang menjadi korban penipuan yang menyebabkan mereka kehilangan aset berharga mereka. Jadi, disini mimin akan membagikan tips yang dapat kalian pakai untuk membedakan hal itu penipuan atau tidak jika sobat menjumpainya dikemudian hari.

Seperti apakah cara terhindar dari penipuan berhadian via SMS agar tidak tertipu ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

Hadiah – Penipuan berkedok hadiah secara cuma-cuma dapat dilakukan siapa saja, bahkan melalui media pesan singkat(SMS). Siapa yang tidak menginginkan hadiah ? semua orang tentunya lebih menginginkan gratis daripada harus membelinya sendiri. Namun tidak jarang ada pula hadiah yang dikenakan pajak oleh negara dan wajib penerima membayar pajak yang dimaksud. Kali ini saya membahas tentang penipuan yang berunsur hadiah, biasanya mereka akan memanfaatkan media yang murah meriah demi menjalankan bisnis haramnya.

Mereka akan menggunakan Media SMS yang murah meriah sehingga tak jarang sms mereka terkirim dengan logo atau tulisan nomor biasa. Apabila anda seorang pemenang dan calon penerima hadiah, biasanya SMS akan memiliki kop nomor yang berisikan PT.blabla sehingga kalau pengirim bertuliskan nomor seluler maka anda wajib berhati-hati.

Selanjutnya, mereka biasanya menggunakan sebuah media website yang juga digunakan sebagai alat yang dapat membuat para colon korban merasa memang mereka mendapatkannya. Biasanya website didesain mirip dan profesional yang tentu membuat para korban bisa tertipu dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara untuk mengantisipasi penipuan yang marak terjadi di indonesia ini ?

Berikut ini adalah cara dan tips dari saya supaya anda dapat terhindar dari penipuan ini :

 

1. Mengingat Partisipasi Anda

Partisipasi didalam suatuu lomba memang sangat menentukan anda menjadi pemenangnya atau tidak, tanpa anda mengikuti partisipasi kemudian anda mendapat hadiah merupakan salah satu hal yang tidak masuk akal dan sangat mustahil. maka apabila anda merasa atau ingat tidak mengikuti partisipasi apapun namun anda mendapatkan sebuah pemberitahuan maka anda dapat mengacuhkan penipuan itu.

Akan tetapi apabila anda lupa atau tidak yakin tentang hal itu maka anda dapat memanfaatkan tips kedua dari saya agar anda lebih yakin tentang keaslian pemberitahuan pemenang tersebut.

 

2. Pastikan Memiliki Kop(Asal Nomor)

Keaslian suatu nomor pengiriman akan terlabelkan di bagian atas pesan(sesuaikan handphone anda) apabila SMS itu asli dari perusahaan maka biasanya akan tertulis perusahaan tersebut. Contoh : dari Kemendikbud, Kemensos, Keminfo dll sebagainya yang akan tercantum di bagian yang seharusnya nomor seluler itu akan berisi contoh-contoh yang saya maksud. maka dapat dipastikan keaslian dari perusahaan apabila tidak bertuliskan nomor seluler.

Namun apabila bertuliskan nomor seluler yang berisikan 10 s/d 13 digit nomor handphone maka anda dapat mengidentifikasi lebih lanjut dengan menggunakan tips ketiga dari saya.

 

3. Alamat Website

Seorang penipu biasanya akan menggunakan sebuah website agar terlihat begitu profesional, namun apabila anda dapat mengetahuinya maka anda bisa dengan mudah tahu tentang keaslian website tersebut. namun apabila anda tidak mengetahui cara-cara mengidentifikasinya maka anda dapat menggunakan cara berikut ini :

  • Masukan alamat website kedalam whois.com, nantinya whois akan menunjukan siapa pemilik website tersebut, Namun jangan terburu-buru karena seorang penipu bisa saja mendaftarkan website miliknya dan menginputkan nama awal dan akhir degan menggunakan nama sebuah perusaan yang dimaksud.
  • Anda dapat mengidentifikasi lanjutan dengan cara jitu ini yaitu dengan memastikan domain(website) yang bersangkutan bernama .co.id (co mewakili corporation atau (perusahaan) dan id mewakili negara indonesia) apabila selain dari itu dapat dipastikan itu adalah PENIPUAN.

 

Setelah ketiganya sudah anda identifikasi dengan baik, maka akan anda dapatkan kesimpulan bahwa itu penipuan atau tidak.

Apabila tidak, maka anda dapat mengidentifikasi lebih lanjut dan akhir dengan menanyakan pendapat kerabat, saudara, atau yang lebih berpengalaman tentang teknologi ini. Apabila memang bukan penipuan, maka anda dapat melakukan syarat-syarat penerimaan hadiah. Patut diketahui bahwa untuk pajak harus dibayarkan secara individu kepada negara dan bukan membayar pajak kepada seseorang tertentu dan itu harus anda ingat secara baik.

Apabila website yang dimaksud sudah mengindikasikan penipuan apabila anda identifikasi, maka jangan anda berikan beberapa berkas dibawah ini :

  • KTP
  • SIM
  • PASSPORT
  • PASSWORD (Sandi apapun milik anda)
  • UANG
  • ALAMAT Anda
  • Nama Orangtua Anda

Ketika didalam sebuah sosial media atau internet, hal seperti penipuan memanglah sangat marak terjadi. Maka hal itu harus selalu berhati-hati didalam membagikan informasi atau kekayaan anda. Jangan sampai anda diperas oleh seorang penipu.

 

 

Itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Awas Penipuan Hadiah Melalui SMS Atas Nama Perusahaan Dengan Memanfaatkan Website Gratisan.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain agar terhindar dari bisnis penipuan online berkedok SMS.
Sekian dan Terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.