Cara Hidden Mikrotik Kita Agar Tidak Tampil Pada Tab Neighbors

Hidden Mikrotik Neighbors

Jokam-Informatika.com Halo sobat, kali ini Mimin akan membahas “Hidden Mikrotik Pada Tab Neighbors” untuk mengamankan router mikrotik milik kita agar tidak diganggu oleh orang lain. Apabila sobat memiliki router yang yang bekerja untuk melayani akses banyak orang maka untuk mengamankan router menjadi sangat penting. Karena, semakin banyak orang yang mengakses mikrotik milik kita maka akan semakin besar kemungkinan perangkat kita diotak-atik oleh seseorang. Hanya bermodalkan fitur “Neighbors” pada perangkat router mikrotik maka seseorang atau bahkan anda bisa dimudahkan ketika hendak login atau mengakses perangkat.

Nah, justru dengan kemudahan ini maka anda juga memudahkan orang lain untuk berusaha mengakses perangkat milik anda jika tak kita amankan.

Pentingnya mengamankan perangkat router agar apa yang sudah kita bangun di dalam jaringan tidak dirusak oleh orang yang tidak berkepentingan. Bagaimana tidak penting sebuah keamanan ? Sebelumnya, sobat sudah repot-repot merancang, menganalisa, menghitung dan lain sebagainya yang Bahkan hal tersebut memakan waktu yang tidak sedikit untuk mengatur konfigurasi yang sudah sobat rancang. Akan tetapi, dalam sekejap(kurang dari 5 menit) seseorang bisa masuk dan mungkin bisa saja menghapus semua konfigurasi yang sobat terapkan pada router .

Setelah sobat menyadari betapa pentingnya sebuah keamanan pada sistem topologi jaringan, maka sobat bisa menerapkan tutorial dibawah ini untuk mengamankan router milik sobat agar tidak diganggu oleh orang asing. Berikut ini adalah tutorial untuk menyembunyikan perangkat mikrotik kita dari tab Neighbors :

 

Hidden Mikrotik Neighbors

Neighbors merupakan sebuah fitur yang ada di Router Mikrotik, sedangkan protokol yang digunakan neighbors yaitu MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol) dengan fungsi untuk menemukan dan juga menghubungkan perangkat dengan router mikrotik yang ada. Sebagai contoh, apabila di dalam jaringan milik sobat terdapat 9 perangkat mikrotik maka ketika sobat hendak mengakses menggunakan Winbox maka sobat akan menemukan 9 perangkat mikrotik tersebut pada menu neighbors di dalam Winbox. Protokol tersebut pada dasarnya difungsikan untuk mendeteksi perangkat yang ada sehingga sobat tidak perlu repot untuk mengingat alamat MAC address atau IP address dari perangkat router mikrotik milik sobat.

Berikut ini adalah contoh gambarnya :

Neighbors Mikrotik

 

Lalu bagaimana caranya untuk hidden(menyembunyikannya) ?

Simak tutorial di bawah ini untuk mengetahui cara menyembunyikan perangkat dari tab neighbors :

  • Pertama, pastikan sobat sudah masuk atau login ke dalam mikrotik menggunakan Winbox.
  • Kedua, kemudian klik “(1)IP > (2)Neighbors > (3)Discovery Settings“. Seperti gambar berikut ini :

Neighbors List

 

  • Ketiga, saat discovery settings tampil maka “(1) pada bagian interface beri tanda seru dan pilih all > (2)Apply untuk menyimpan perubahan settingan > (3)OK untuk menerapkan settingan pada mikrotik”. Seperti gambar berikut ini :

Discovery Settings

Informasi :
Sobat akan mendapati interface yang ada di dalam mikrotik milik sobat menghilang dari daftar Neighbors list. Namun jangan khawatir, karena memang seperti itulah kinerjanya.

  • Terakhir, setelah selesai maka sobat bisa mengujinya dengan cara exit atau keluar dari mikrotik dan periksa apakah masih ada didalam daftar neighbors winbox sobat atau sudah hidden. Jika berhasil maka tampilannya kosong seperti gambar dibawah ini :

Refresh Neighbors

 

Lalu, bagaimana cara saya login kembali jika nighbors perangkat mikrotik router saya disembunyikan min ?

Yaitu dengan 2 cara diantaranya adalah :

  1. Menyimpannya kedalam tab managed(kirinya neighbors) pada winbox.
  2. Mengingat IPnya saja.

 

Bagaimana ?
Mudah bukan ?

Dengan konfigurasi seperti demikian, maka seperti halnya sobat mengamankan perangkat dari gangguan orang lain yang dapat membahayakan konfigurasi router kita. Tutorial ini merupakan salah satu dari berbagai kiat cara mengamankan perangkat RouterOS Mikrotik. Sobat bisa mencoba kiat cara mengamankan mikrotik yang lainnya didalam website kami agar sistem router sobat semakin bertambah kuat untuk mencegah potensi ancaman lainnya yang mengintai router sobat. Kami menyediakan beragam artikel dan tutorial cara mengamankan mikrotik didalam website ini yang dapat anda baca dan praktekan.

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel yang berjudul Cara Hidden Mikrotik Kita Agar Tidak Tampil Pada Tab Neighbors.
Semoga artikel yang sudah saya jelaskan ini bisa bermanfaat untuk sobat maupun banyak orang.
Sekian dan terimakasih.

 

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.