Hilangkan Google ReCAPTCHA

Jokam-Informatika.com Halo sobat, kali ini mimin akan membagikan tutorial “Cara Hilangkan Google ReCAPTCHA WordPress” yang berada pada setiap halaman website itu sendiri. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu pengunjung apabila widget atau kotak box dari google ReCAPTCHA terus tampil pada setiap halaman yang ada di website milik sobat. Biasanya kotak tersebut berada pada bilah bagian kanan bawah pada halaman, Tak jarang juga kotak box ini menutupi beberapa konten yang yang berada di bagian kanan halaman dari atas sampai bawah. Hal ini menjadi nilai minus tentunya website milik sobat dimata pengunjung.

Lalu apakah menghilangkan box termasuk pelanggaran min ?

Saya rasa tidak, karena metode yang akan kita pakai sebenarnya bukan menghilangkan namun hanya menyembunyikan nya saja agar tidak tampil akan tetapi sistem pada Google itu sendiri terus berjalan dan berfungsi di website milik kita. Sehingga metode yang akan kita pakai aman dari sisi sitem google ReCAPTCHA itu sendiri.

Sebelum itu, alangkah baiknya kita mengetahui apa sih yang dinamakan dengan Google recaptcha ? simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap :

Google ReCAPTCHA – Adalah salah satu dari program dari google (Misalnya seperti Google Mail, Google Maps, Google Drive, Google Search dan lain sebagainya). Nah ReCAPTCHA sendiri merupakan salah satu program diantara yang lainnya. Program ini didesain untuk membantu para pemilik website agar website mereka tetap aman dari gangguan pihak yang ingin menyerang website milik sobat menggunakan beragam cara cara otomatis, biasanya menggunakan robot atau peralatan yang dapat melakukan hal secara beruntun dengan kendali penuh. Salah satu kelemahan robot sendiri tidak dapat mengenali gambar secara spesifik seperti halnya manusia yang dapat menganalisis video maupun gambar dengan melihat objek nya.

Oleh karena itu, untuk membendung serangan para robot Google berinisiatif untuk membentuk sebuah program yang berguna untuk menangkal serangan robot kepada website. Biasanya metode yang paling banyak dipakai biasanya digunakan untuk spam email, spam komentar, spam daftar member dan lain sebagainya yang dapat membahayakan sistem server website itu sendiri.

Apabila anda sudah memasang Google recaptcha ke dalam website biasanya secara default kotak box muncul di setiap halaman. Berikut ini adalah tampilan kotak box Google recaptcha pada sebuah halaman :

ReCAPTCHA

Sedangkan untuk menyembunyikannya agar tidak mengganggu pengunjung ketika membaca konten milik sobat maka metode penyembunyian nya menggunakan tutorial berikut ini. Simak baik-baik :

 

Hilangkan Google ReCAPTCHA

Untuk menghilangkan kotak box Google recaptcha sobat bisa memanfaatkan baris perintah CSS ke dalam website guna menyembunyikan tampilan box itu sendiri. Namun sebelumnya sobat bisa memanfaatkan plugin sebelum penerapan code CSS kodenya kedalam website. Plugin tersebut bernama Simple Custom CSS & JS, sobat bisa memasangkan kedalam wordpress dengan cara :

  • Klik menu (1). Plugins. (2). Add New (jika sobat belum pernah memasang plugin ini). (3). Kemudian tambahkan plugin dengan kata kunci search Simple Custom CSS and JS. (4). Tunggu sebentar karena wordpress akan mencari plugin sesuai apa yang sobat cari, apabila ketemu maka silakan sobat langsung menginstalnya dengan klik Install Now. Ketika sudah aktif maka akan seperti gambar berikut ini :

 

Setelah sobat sudah memasangnya maka sobat bisa langsung mempraktekan tutorial berikut ini :

  • Pertama, klik menu (1). Custom CSS & JS. (2). Add Custom CSS. Seperti gambar berikut ini :

Add Custom CSS

 

  • Kedua, (1). Beri nama bebas sesuai keinginan sobat. (2). Paste code ke kolom tersebut. (3) Pada tab Link Type pilih Internal agar dapat diakses secara cepat oleh website. (4). Pada tab Where on page pilih Header agar ketika halaman pertama kali dimuat maka code akan diproses paling dahulu. (5). Pada Where in site pilih In Fronted agar nantinya code diterapkan untuk pengunjung ataupun member yang dapat login termasuk administrator website. (6). Kemudian klik Publish atau Update. Seperti gambar berikut ini :

reCAPTCHA Explained

 

Untuk kodenya sebagai berikut ini :

.grecaptcha-badge {
    display: none !important;
}

 

 

  • Setelah sobat menyimpannya maka sobat bisa mengecek Apakah box masih tampil atau sudah tersembunyi dengan cara mengakses halaman yang ada pada website sobat.

 

Cukup mudah bukan ?
Dengan tutorial ini sobat tak perlu risau lagi terhadap box yang tampil di sisi kanan bawah pada halaman website milik sobat. Sehingga konten yang ada pada halaman tidak tertutup sehingga para pengunjung tidak terganggu dengan tiadanya box tersebut.

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya tentang Cara Hilangkan Google ReCAPTCHA WordPress.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua maupun orang lain.
Sekian dan terimakasih.

Share artikel kami jika menarik :)

About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.