Cara Import Assets Unity 3D, Meletakkan Dan Mengatur Posisi Obyek

 

Cara Import Assets Unity 3D

Jokam-Informatika.com Sobat pastinya sudah membaca dan membahas tentang cara menggunakan aplikasi unity jadi sekarang saya akan membahas tentang Import Assets Unity 3D dan juga membuat proyek baru yang akan kita kerjakan untuk membuat game.

Sebelum kita memproses Aset dan juga objek yang akan ditempatkan pada sebuah game maka alangkah-langkah kita akan dikeluarkan terlebih dahulu yang disebut Aset dan juga objek.

Seperti apakah itu bentuk Aset dan juga Obyek ?

Simak Ulasan untuk mengetahuinya lebih banyak,

 

Assets – Adalah perkakas atau peralatan yang digunakan di dalam proyek guna menciptakan sebuah objek tertentu yang akan kita gunakan untuk menghias desain game. Biasanya aset gambar yang digunakan untuk keperluan editor sesuai dengan kebutuhan pembuatnya. Jika Anda tidak ingin membeli aset, Anda dapat menggunakan aset online secara gratis. Namun aset yang diperoleh secara gratis biasanya ditujukan untuk semua orang. Misalkan jenis zombie, burung, robot dan juga dinosaurus dengan bentuk yang tidak begitu menabjubkan. Apabila sobat menginginkan bentuk yang unik maka Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni, Photoshop.

Untuk Aset versi gratis dapat Anda peroleh dengan situs web gratis dibawah ini :

Aset Gratis Objek Game 2D : KLIK DISINI

Setelah sobat mendapatkan Aset yang sobat inginkan maka proses selanjutnya adalah menjalankan tutorial yang saya berikan, berikut ini adalah cara yang dibutuhkan aset ke dalam proyek :

 

1. Import Assets Unity 3D

Memasukan Aset

  • Pertama, Klik pada bilah alat ” Aset ” yang memiliki koleksi alat untuk Mendaftar tentang keperluan aset.
  • Kedua, Klik ” Impor Aset Baru ” yang memiliki fungsi untuk memasukkan aset ke dalam proyek, kemudian pilihlah beberapa gambar untuk dimasukan sesuai dengan kebutuhan Anda sebelumnya.
  • Ketiga, Jika sudah siap maka akan terpampang berbagai gambar yang sudah Anda masukkan seperti pada nomor tiga diatas.

 

2. Meletakan Kedalam Editor

Cara ini sebenarnya cukup sederhana dengan cara hanya menge-drag ( klik kiri tahan ) dari gambar asep menuju ke editor tap. Berikut ini adalah gambar penjelasnya :

Meletakan Kedalam Editor

Setelah gambar masuk ke editor maka otomatis akan masuk ke dalam tap hirarki project di bagian kiri.

Berikut ini adalah langkahnya sesuai dengan gambar diatas:

  • Pertama, Seret gambar ke editor.
  • Kedua, Maka Aset akan menuju editor dan posisi yang diinginkan oleh Anda.
  • Ketiga, Secara Otomatis Tanpa Anda lakukan maka objek yang sudah Anda tarik tersebut akan terbackup secara otomatis ke dalam hirarki. Jika Anda menghapus objek maka hirarki juga menghilang, begitu juga dengan hirarki maka objek akan menghilang. Terkait kedua komponen ini saling terkait dan menghitung satu sama lain.

 

3. Mengatur posisi objek

Pada langkah ini sobat akan dihadapkan pada alat yang memiliki fungsi untuk menggerakkan atau mengubah ukuran dari objek itu sendiri. Selain itu ada beberapa alat khusus dengan kegunaan untuk menyeleksi sebuah objek. Berikut ini adalah deskripsi beserta gambarnya :

Mengatur posisi objek

  • Pertama, merupakan sebuah alat yang berbentuk seperti telapak tangan dengan fungsi untuk menggerakkan editor posisi, sehingga dapat menjadikan editan anda lebih fleksibel.
  • Kedua, merupakan sebuah alat yang menggambarkan simbol dua panah dan pada umumnya memiliki fungsi untuk menggeser objek ke posisi yang baik misal ke bawah, kiri dan kanan.
  • Ketiga, adalah alat yang memiliki simbol seperti perputaran anak panah dan memiliki fungsi untuk mengubah posisi perputaran lokal pada objek yang Anda seleksi.
  • Keempat, adalah sebuah alat yang memiliki simbol seperti menambahkan sebuah bangun yang memiliki alat untuk menambah atau menambah suatu objek.
  • Kelima, adalah sebuah alat yang memiliki simbol persegi dengan memiliki lingkaran kecil di tengahnya, alat ini memiliki fungsi untuk mengubah titik tengah pada sebuah objek yang diseleksi.

Mengatur posisi objek 2

Tambahan : Pada setiap objek atau bangun pastinya akan memiliki transformasi yang memiliki informasi posisi, rotasi dan sekala pada objek tersebut. Mengubah sepenuhnya default di sisi kanan tab editor yang memiliki fungsi untuk mengetahui informasi

 

Baca juga lainnya : Cara Mengoperasikan Dan Membuat Project Game Baru 2D Pada Unity 3D

 

Mungkin itu bisa saya sampaikan di artikel saya yang berjudulkan Cara Import Assets Unity 3D, Meletakkan Dan Mengatur Posisi Obyek.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda dan orang lain tentang Cara Import Assets Dan Object.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.