Memasang Tampermonkey Extension

Jokam-Informatika.com Halo gaes, kali ini mimin akan membahas tentang cara “Memasang Tampermonkey Extension” yang nantinya akan kita pasang pada prambanan browser chrome. Disini ada 2 jenis ekstensi yang dapat kamu pakai sesuai dengan kebutuhan sobat, diantaranya adalah khusus untuk prambanan chrome pada device komputer dan device android. Keduanya memiliki fungsi yang sama yakni menjalankan script yang sobat miliki untuk mengubah atau menjalankan sebuah fungsi pada sebuah antarmuka website. Kira-kira bisa kita katakan sebagai bot yang dapat melakukan sebuah kegiatan layaknya manusia yang mengklik klik halaman website ataupun mengubah beberapa tampilan.

Akan tetapi bedanya kita menggunakan sebuah ekstensi yang dapat kamu jalankan secara online maupun offline di dalam sebuah browser lebih tepatnya google chrome. Script yang dapat bekerja pada umumnya adalah jenis javascript yang diletakan ke dalam ekstensi. Ekstensi ini cukup ringan untuk diunduh dan juga tidak terlalu memakan banyak ruang pada saat menjalankan ekstensi ini. Ekstensi ini dapat kamu dapatkan secara gratis tanpa harus membayar biaya, namun ada tombol donasi yang dapat kamu pakai jika kalian berkeinginan untuk membantu developer dalam membangun ekstensi ini agar lebih baik kedepannya.

Ada banyak sekali fungsi dan juga implementasi kode yang bertebaran di luar sana dengan fungsi untuk membantu pekerjaan manusia.

Siapa sih pencetus aplikasi ini min ?

 

Memasang Tampermonkey Extension

Pada mulanya, aplikasi ini diciptakan oleh seseorang yang bernama Jan Biniok pada bulan Mei tahun 2010 dengan tujuan utama untuk membantu para pengguna menerapkan script mereka kedalam halaman atau tampilan sebuah website. Ekstensi tampermonkey ini telah berhasil memikat para penggunanya sehingga menjadi salah satu di antara 10 ekstensi yang ada di Chrome Store yang memiliki lebih dari 10 juta pengguna.

Bagi sobat yang ini memasang ekstensi ini kedalam perangkat kalian maka sobat bisa mengikuti tutorial dibawah ini :

 

Tampermonkey Untuk Komputer

Pada awalnya ekstensi ini pertama kali diciptakan untuk perangkat komputer sehingga menjadi hal yang umum dan menjadi sangat populer untuk unduhan versi komputer mencapai lebih dari 10 juta. Berikut ini adalah aplikasinya :

Tampermonkey
Tampermonkey Versi 4.11
Ekstensi tampermonkey.net

Size : (1.31 MB)
Browser Requirement : Google Chrome

Distributor oleh jokam-informatika.com

 

  • Untuk cara mendapatkannya pun cukup mudah yaitu tinggal mengunjungi Link yang sudah kami sediakan di atas. Kemudian klik “Add to Chrome” atau “Tambahkan ke Chrome“. Seperti gambar berikut ini :

Tamperkey Chrome Store

 

  • Setelah kalian berhasil memasangnya, maka ekstensi akan tampil pada bilah khusus ekstensi pada chrome. Seperti gambar berikut ini :

Ekstensi List

 

Untuk menggunakannya, maka sobat harus memiliki script sesuai yang kalian butuhkan. Biasanya banyak bertebaran di internet dan bisa kalian dapatkan secara gratis maupun yang berbayar. Ketika kalian sudah memiliki scriptnya, maka klik ekstensi dan masukkan script yang sudah kalian miliki pada pengaturan Dashboard yang ada didalam ekstensi.

 

Tampermonkey Untuk Android

Selain untuk komputer, developer juga menciptakan ekstensi serupa yang dapat digunakan untuk pengguna Android. Hal ini tentunya kabar baik bagi sobat yang tak sedang dirumah sehingga tidak dapat mengoperasikan laptop atau komputer. Sehingga, ekstensi ini menjadi salah satu solusi yang terbaik untuk anda. Berikut ini adalah aplikasinya :

Tampermonkey
Tampermonkey Versi 2.12
Ekstensi derjanb

Size : (445 KB)
Android Minimun : 2.2 Up
Browser Requirement : Google Chrome

Distributor oleh jokam-informatika.com

 

  • Untuk cara mendapatkannya cukup mudah yaitu tinggal mengunjungi Link yang sudah kami sediakan di atas. Kemudian klik “Install“. Seperti gambar berikut ini :

Tampermonkey Google Play

 

  • Seperti biasa, tunggu sampai proses pengunduhan selesai dan aplikasi terpasang pada smartphone kalian.
  • Aplikasinya pun siap untuk digunakan setelah aplikasi sudah terpasang ke android kalian.

 

Sangat mudah bukan ?
Dengan adanya aplikasi ini maka kegiatan kalian yang ada di dalam halaman web dapat kalian lakukan dan juga konfigurasi sesuai dengan selera. Ketika script sudah dijalankan maka kalian tidak perlu mengoperasikan Android ataupun komputer untuk melakukan kegiatan tersebut karena sudah dapat dilakukan oleh ekstensi ini tanpa bantuan kalian lagi.

 

 

Mungkin itulah yang dapat mimin sampaikan didalam artikel Cara Install Atau Memasang Tampermonkey Extension Di Browser Chrome.
Semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi semua orang untuk menjalankan script kedalam website.
Sekian dan terimakasih.

 

Kata kunci terkait :

  • tampermonkey chrome
  • tampermonkey android
  • tampermonkey android chrome
  • tampermonkey crx
  • tampermonkey download extension
  • tampermonkey extension
  • tampermonkey for android
  • tampermonkey for chrome

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.