Mengamankan Fisik Router Mikrotik

Jokam-Informatika.com Halo sobat, kali ini Mimin akan membahas tentang “Cara Mengamankan Fisik Router Mikrotik” agar tidak cepat rusak. Karena sebuah perangkat keras atau hardware merupakan salah satu akses yang berharga milik kita, apabila kita tak menjaganya atau merawatnya dengan baik maka hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan. Alhasil, anda bisa saja sering berbelanja perangkat untuk kebutuhan jaringan setiap bulan atau bahkan mingguan.

Salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu koneksi internet, apabila perangkat mengalami kerusakan maka kinerja nya tidak dapat bekerja secara semestinya yaitu mengalirkan arus internet. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengamankan fisik router mikrotik agar tidak cepat rusak :

 

Mengamankan Fisik Router Mikrotik

Perangkat keras router atau lebih dikenal dengan fisik perangkat merupakan sebuah kerangka atau casing dari perangkat tersebut yang dapat kita lihat maupun kita raba. Kebanyakan pengguna meletakkan atau memperlakukan perangkat keras ini seperti pada umumnya orang menggunakannya. Akan tetapi, ada berbagai faktor yang menjadi penghambat sehingga untuk merawat perangkat harus melihat faktor apa saja yang menjadi penghambat. Misalkan, area tempat atau ruangan untuk meletakkan perangkat memiliki suhu yang dingin dan tempat yang aman misalnya di atas lemari dengan ruangan ber-AC. Memperlakukannya tentu bisa dengan teknik biasa atau pada umumnya.

Namun, hal tersebut sudah tidak berlaku apabila hambatan yang kita temui menimbulkan potensi kerusakan misalnya tempat dengan iklim gurun dan penempatan di teras rumah. Untuk merawatnya, tentunya secara biasa yang dilakukan semua orang pada umumnya tentunya kurang tepat untuk dilakukan. Sehingga pada artikel ini kita mengidentifikasi, menganalisa serta mengelompokkan apakah kondisi yang dihadapi cocok atau tidak menggunakan perawatan yang akan kita lakukan. Jadi, perlakuan apa yang cocok dan tepat untuk diterapkan pada perangkat itu yang jauh lebih tahu adalah sebuah sendiri. Sedangkan kami disini hanya memberi wawasan tentang cara memperlakukan perangkat fisik router mikrotik pada beberapa keadaan tertentu.

Oke, langsung saja simak dengan baik artikel dibawah ini :

 

Tempat Aman

Faktor tempat di mana kita meletakan perangkat router juga termasuk bagian dari cara mengamankan fisik router. Pasalnya, ada beberapa tempat yang memang dilarang atau tidak dianjurkan untuk menempatkan peralatan elektronik ke tempat tersebut misalnya : didekat speaker yang besar(karena terdapat magnetik) yang dapat merusak kinerja router mikrotik dari segi sinyal, tempat yang lembab atau ber-air, bisa dijangkau oleh banyak orang, terdapat barang berbahaya(mudah meledak, terbakar dan sebagainya).

 

Power Konektor

Hakikatnya, power konektor merupakan catu daya atau titik utama arus listrik menyumpal kepada perangkat. Sehingga, gambar ini tentunya harus tertancap dengan baik agar perangkat berfungsi secara normal tanpa adanya gangguan apapun. Bayangkan saja apabila kabel pertanda bola luther copot kemudian terhadap lagi maka hal ini bisa menyebabkan gangguan pada kinerja perangkat. Anda bisa merasakannya yakni internet mengalir, kemudian beberapa saat terputus kemudian internet berjalan kembali. Hal ini tentu dirasa kurang baik apabila anda sedang melakukan streaming atau sedang menonton video. Kegiatan internet yang sedang anda lakukan tentunya menjadi sangat terganggu.

Lalu, bagaimana min cara mengatasinya ?

Pada perangkat mikrotik yang jauh lebih besar dan juga modern memiliki fitur pengait dengan fungsi utama agar konektor power tidak goyang sehingga tertancap dengan baik pada port power. Perangkat bisa berkerja dengan normal karena arus power mengalir dengan stabil karena tertancap dengan baik(tidak copot-copotan).

Ada hal yang lebih buruk terjadi apabila konektor tidak tertancap dengan baik yaitu korslet ting pada komponen elektronik perangkat keras dikarenakan lonjakan listrik tidak stabil. Hal ini berpotensi kerusakan fatal secara fisik dan juga dapat menyebabkan kebakaran pada perangkat. Berikut ini adalah gambar mikrotik modern :

Mengamankan Fisik Router Mikrotik

Pengait Power Connector Mikrotik

Sayangnya, untuk jenis mikrotik biasa belum dibekali pengait pada lubang power atau power port seperti halnya jenis mikrotik modern di atas. Sehingga sobat harus menga kali bagaimana caranya agar kabel power nantinya tidak goyang, sobat bisa menggunakan lakban atau beberapa tali untuk menyiasati nya.

 

Temperatur Dan Suhu

Suhu atau temperatur yang panas juga menjadi salah satu faktor atau masalah yang dapat menyebabkan kerusakan fisik pada perangkat. Karena perangkat elektorik tidak didesain bekerja pada daerah atau tempat yang sangat panas, karena tak semua komponen yang ada di dalam perangkat router mikrotik berbahan dasar besi atau aluminium. Melainkan bahan campuran mulai dari karet, plastik, timah dan lain sebagainya. Sehingga, suhu yang panas dapat merusak komponen yang tidak tahan terhadap termperatur tersebut.

Apa saja yang dapat terjadi min kalau kepanasan ?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya karena tidak semua komponen tahan terhadap suhu yang tinggi. Hal apa saja yang dapat terjadi yakni komponen meleleh, korsleting perangkat dan bahkan kebakaran.

Sehingga, supaya perangkat keras router mikrotik milik kita aman dan awet maka tempatkan perangkat pada tempat yang sejuk. Disarankan untuk ditempatkan di dekat AC atau jendela ruangan dan jauhkan dari benda yang mudah meledak atau terbakar.

 

Lonjakan Petir

Petir biasanya menyambar objek atau benda yang dapat mengalirkan listrik(induktor) terutama logam seperti besi dan aluminium. Selain itu, gelombang sinyal yang ditimbulkan perangkat mikrotik juga  merupakan sasaran yang disukai petir karena dapat sinyal memiliki kadar medan elektromagnetik.

Petir merupakan momok paling ditakuti perangkat, bagaimana tidak ? sekali sambar petir dapat menghantarkan atau menimbulkan tegangan arus listrik yang tinggi. Sedangkan pada semua perangkat keras elektronik tentunya memiliki kinerja dengan batasan arus yang sudah ditentukan oleh pabrikan yang membuat perangkat. Misalnya tahanan arus, kuat arus, minimal dan maksimal beban arus maupun intensitas arus yang dapat diterima perangkat. Nah, hal tersebut ditetapkan agar perangkat bisa bekerja secara stabil dengan konsumsi arus listrik yang sesuai dengan yang ditetapkan pabrikan pembuat.

Apa yang terjadi apabila petir menyambar ?

Secara alami, perangkat akan menerima arus yang sangat tinggi sekali kemudian menerobos masuk komponen yang didesain untuk menahan arus pada umumnya 240 volt. Secara seketika tentunya akan rusak apabila kekuatan arus petir lebih dari 1000 volt. Apabila arus tinggi menerobos masuk, padahal pabrikan mengatakan arus input sebesar 24 volt maka kekuatan lebih dari 1000 volt yang sudah masuk tentunya dapat membakar dan mengkorsletkan fisik perangkat keras router mikrotik.

Lalu bagaimana caranya untuk menghindarinya min ?

Petir merupakan kejadian alam yang tidak dapat diprediksi kan oleh manusia, meskipun kita semua tahu bahwa petir akan timbul di saat cuaca buruk seperti mendung dengan awan tebal terutama pada saat terjadi hujan yang lebat. Akan tetapi meskipun kita mengetahui kondisi apa saja yang dapat menyebabkan petir, bukan berarti kita juga mengetahui kapan dan detik keberapa petir akan menyambar sebuah objek benda. Oleh karena itu anda perlu mengamankannya menggunakan alat berikut ini :

Stop kontak anti petir jenis single :

APC Anti Petir

APC Surge Single Stop Contact

 

Stop kontak anti petir jenis panjang :

APC Surge Voltage

APC Surge Multi Stop Contact

 

Biasanya perangkat diatas dapat kalian temui di toko perangkat komputer atau di situs jual beli online dengan kisaran harga mulai dari Rp. 300.000 sampai dengan Rp 500.000. Namun, dari sisi keamanannya stop kontak ini tidak menjamin 100% aman dari petir karena kembali lagi, petir merupakan faktor alam yang sangat dahsyat karena memiliki energi yang sangat tinggi.

Salah satu cara yang benar-benar 100% aman yakni mengembalikan apa yang diberi alam berupa petir kepada alam berupa tanah(grounding). Untuk metodenya sobat bisa memakai alat penangkal petir dan dipasangkan pada tempat yang memiliki perangkat sinyal elektromagnetik seperti mikrotik ini. Penempatannya bisa di atas genting, yang jelas di tempat yang lebih tinggi dari perangkat yang menimbulkan medan elektromagnetik. Berikut ini adalah gambar penangkal petir yang digunakan gedung perkantoran dengan padat koneksi internet :

Penangkal Petir

Penangkal Petir Konvensional

Namun, kekurangan menggunakan metode penangkal petir yaitu faktor biaya yang lebih besar daripada menggunakan stop kontak.

Penangkal petir memiliki karakteristik tombak(atas) yang terbuat dari logam anti karat yang berguna untuk menerima aliran petir. Kemudian nantinya dialirkan pada kabel dengan minimal ketebalan tembaga 2.5mm. Lalu, ujung kabel akan ditanam ke tanah(grounding) dengan menggunakan pipa pilihan anti karat dengan kedalaman minimal 6 meter dari permukaan tanah. Dengan begitu, nantinya arus listrik dari petir akan dialirkan ke dalam bumi sehingga 100% perangkat mikrotik milik sobat aman dan tidak tersentuh oleh arus petir itu sendiri.

Informasi :
Disarankan untuk instalasi penangkal petir dilakukan oleh orang yang sudah ahli dibidangnya, karena membutuhkan analisa dan juga pemasangan yang benar menurut standar instalasi penangkal petir. Jika asal dipasang sembarangan tanpa memperhatikan standart instalasi, maka bisa membahayakan bangunan itu sendiri atau bahkan nyawa manusia yang sedang menempati bangunan tersebut. Hal tersebut karena arus tegangan listrik dari petir tidak dapat dialirkan ke dalam tanah(grounding) dengan baik alias GAGAL maka dapat menyerang bangunan maupun orang yang di dalam bangunan tersebut. Keselamatan perangkat memanglah penting, namun keselamatan nyawa seseorang tentu jauh lebih utama.

 

Rutin Periksa System

Dari segi pemeriksaan system, sobat dapat melakukan pemantauan jaringan dan juga log(laporan) system untuk memeriksa apakah kinerja perangkat mikrotik berjalan dengan wajar atau memiliki kendala. Tak jarang pengguna mendapati beberapa serangan dari hacker dan juga usaha untuk mengubah settingan tanpa seijin kita. Hal ini bukan berarti fisik perangkat bisa aman apabila kinerja system dipacu sampai perangkat panas dan terbakar akibat ulah peretas.

 

Perawatan Dan Pembersihan

Setelah semua cara diatas sudah dilakukan maka cara terakhir yaitu melakukan perawatan fisik secara rutin. Dari segi fisik, perawatan yang bisa sobat lakukan yaitu dengan cara membersihkan perangkat mikrotik dari debu maupun kotoran secara rutin sebulan atau seminggu sekali. Hal ini kita lakukan agar perangkat bersih dan terhindar dari kotoran atau bahkan hewan di kotoran yang dapat merusak perangkat.

Informasi :
Pembersihannya cukup menggunakan kain kering atau kemoceng dan jangan sesekali membersihkannya menggunakan air karena dapat merusak perangkat elektronik.

 

 

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan di dalam artikel Mengamankan Fisik Router Mikrotik Agar Tidak Cepat Rusak.
Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua maupun orang lain.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.