Cara Memasang Google Authenticator Untuk Browser Chrome Komputer

 

Memasang Google Authenticator Chrome

Jokam-Informatika.com Sobat tahukah sistem keamanan akun yang sangat sulit diretas ? Yap, benar sekali yakni dengan memasang metode 2 Factor Authentication terhadap akun yang salah satunya dipraktekkan oleh aplikasi Google Authenticator pada Browser Google Chrome. Hampir semua aset berharga dan akun mimin menggunakan 2 Factor keamanan yang berupa barcode untuk sistem keamanan acaknya, nantinya barcode akan menghasilkan pin secara random selama 20 detik sekali untuk menghindari penyadapan berturut-turut terhadap akun melalui metode login.

Dengan dibekali sistem keamanan ganda maka akun anda menjadi lebih aman dari serangan hacker meski sobat share username dan juga password kepada umum. Karena pada dasarnya 2F Authentication bekerja secara encrypted dengan enkripsi terstruktur didalam perangkat keras baik itu komputer maupun gadget.

Hampir semua website besar sudah support penggunaan metode Otentikasi ini. Misalnya : (Sektor perdagangan yakni Bukalapak, Bitcoin Indonesia, Lazada, Shopee dan lainnya), (Sektor mail yakni Google Mail, Yahoo Mail, Hotmail dan lainnya), (Sektor hoster yakni Niagahoster, ID Hostinger, Hostgator dan lainnya), (Sektor social media yakni Facebook) dan masih banyak sektor akun dengan keamanan ekstra ini.

Seperti apakah itu Google Authenticator ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

 

Pengertian Google Authenticator

Google Authenticator РMemasang 2 Factor Authentication didalam browser chrome bisa menambah kekuatan daya tahan akun terhadap serangan hacking, Metode 2 Factor Authentication merupakan  salah satu cara keamanan tambahan setelah password yang terbilang sangat kuat. Karena google authenticator menerapkan sistem keamanan hardware pada akun kita. Google Authenticator merupakan salah satu cara bagi anda yang menggunakan akun support hal ini. Google authenticator juga dapat digunakan di hardware seluler lain misalnya android dan iOS, namun kali ini saya akan membahas cara penginstallannya kedalam komputer dan lebih tepatnya adalah Browser Chrome.

Dari nama aplikasi, kita pastinya bisa beranggapan bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh Google Inc.

Selain itu, aplikasi ini terbilang sangat simpel karena kita hanya ditugaskan scan barcode yang kita dapatkan dari website akun yang kita miliki kemudian menerapkannya kedalam aplikasi ini. Setelah itu, anda hanya memanfaatkan pin yang terbuat secara acak ketika anda hendak login kedalam akun.

Kinerja Google Authenticator sangat unik yaitu menggunakan sistem barcode grafik, anda akan menemukan hal ini bagi anda pemilik akun support Google Authenticator. Bentuk dari barcode pun unik dan setiap hardware tentu akan berbeda dari masing-masing hardware. Berikut ini adalah tampilan contoh barcode :

Barcode

 

Memasang Google Authenticator Pada Google Chrome

Untuk browser chrome dapat anda pasang dengan mudah dan simple, saat pemasangan anda tidak dikenakan biaya sedikitpun oleh aplikasi maupun dari browser chrome. Karena memang pada dasarnya aplikasi ini sangat gratis dan tidak menyuruh anda untuk membayar sepeserpun.

Berikut ini merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk penginstallan aplikasi tersebut didalam browser anda :

  • Pertama, Pastikan anda memiliki browser Chrome pada komputer anda terlebih dahulu.
  • Kemudian, Kunjungi website untuk penginstallan Google Authenticator.
  • Setelah itu, barulah anda klik Install atau Tambahkan kedalam browser anda.

 

Setelah Sudah tertambahkan dengan baik maka akan tampil seperti berikut ini dan dibagian kanan browser anda akan terdapat logo Google Authenticator. Berikut ini adalah gambarnya :

Authenticator

 

  • Setelah anda klik logo diatas pojok kanan tersebut maka anda siap untuk menggunakannya untuk keperluan pengamanan akun anda yang menggunakan metode Google Authenticator, berikut ini adalah gambar dari widget tersebut :

Code

 

Mudah bukan ?

Untuk menyimpannya, maka anda dapat mengeksport data dari widget tersebut agar suatu ketika apabila data anda hilang maka anda dapat mengimport kembali kedalam Google Authenticator untuk mengembalikan data Google Authenticator sobat.

 

 

Mungkin cukup sekian tutorial dari saya didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Memasang Google Authenticator Untuk Browser Chrome Pada Komputer.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang sudah membaca artikel saya ini.
Sekian dan Terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.