Mematikan Neighbors Discovery

Jokam-Informatika.com Halo, kali ini Mimin akan membahas tutorial tentang “Cara Mematikan Neighbors Discovery” pada router mikrotik. Tutorial ini merupakan kiat untuk menjaga perangkat keras router agar tidak di-hack oleh orang lain melalui jaringan yang sama. Secara default, fitur ini aktif dan nyala pada perangkat yang masih baru. Oleh karena itu, bagi sobat yang baru saja membeli perangkat ini maka tutorial ini wajib sobat coba agar perangkat router yang sobat miliki menjadi lebih aman.

Memangnya apa yang terjadi jika kita tidak menonaktifkannya min ?

Meskipun terbilang sepele, namun hal terkecil apa pun bisa menjadi potensi perangkat kita diretas oleh orang lain dan salah satunya yakni menggunakan neighbor Discovery. Kinerjanya, apabila kita tetap mengaktifkan neighbor Discovery maka perangkat yang terhubung pada jaringan mikrotik milik kita akan mendeteksi beberapa informasi yang dimiliki oleh mikrotik kita. Diantaranya adalah :

  1. IP address.
  2. MAC address.
  3. Versi MikrotikOS.
  4. Jenis/Type Mikrotik.
  5. Identity.

Sehingga, peretas akan mencoba untuk mencari username dan password menggunakan informasi yang sudah didapatkan di atas. Maka, mereka akan mencoba terus-menerus sampai mendapatkannya.

Meskipun kecil kemungkinan perangkat kita disadap akan tetapi fungsi ini patut untuk di nonaktifkan guna terjaga dari gangguan pihak manapun pada jaringan yang sama. Nantinya, setelah dinonaktifkan maka k-info formasi yang tertera di atas menjadi menghilang atau tak terdeteksi. Biasanya pendeteksian ada tidaknya mikrotik menggunakan aplikasi Winbox pada menu Neighbors.

Kalau menghilang berarti kita juga tidak bisa mengakses lagi dong min ?

Kan dari neighbors itulah kita tau IP mikrotik kita berapa untuk login.

Tenang saja gaes, karena di dalam tutorial untuk menonaktifkan ini ada ada solusi bagi sobat agar tetap bisa mengakses perangkat mikrotik dengan mudah. Caranya dengan menyimpan neighbors terlebih dahulu sebelum menonaktifkannya. Berikut ini merupakan cara menyimpan neighbors.

Baca selengkapnya : Cara Menyimpan Informasi Login WinBox Mikrotik Agar Tidak Lupa.

 

Mematikan Neighbors Discovery

Sebelum kita alangkah baiknya kita membahas apa sih yang dinamakan dengan Neighbors Discovery. Neighbor Discovery Protocol (NDP) adalah protokol yang digunakan oleh node IPv6 untuk mencari node lain, menentukan alamat node lain dan mencari router dalam satu lapisan link. Dengan begitu, komputer kita bisa membaca perangkat yang terhubung pada jaringan tersebut berkat bantuan Protokol Neighbors Discovery. Adapun cara menonaktifkannya sebagai berikut ini :

  • Pertama, pastikan sobat sudah login ke dalam mikrotik kalian.
  • Kedua, pada deretan menu mikrotik klik (1). IP lalu (2). Neighbors. Seperti gambar berikut ini :

Neighbors List

Informasi :
Pada tab Neighbors List sobat akan menjumpai ethernet yang sobat gunakan pada mikrotik tersebut beserta informasinya secara lengkap.

 

  • Ketiga, pada tab Discovery Settings untuk menonaktifkan neighbors yakni dengan cara (1). klik “Discovery Settings“. (2). lalu pada interface klik tanda panah kebawah. (3). kemudian pilih “all“. lalu (4). Apply dan (5). OK. Seperti gambar berikut ini :

Disable Discovery

 

  • Terakhir, apabila sudah selesai maka sobat tidak akan menjumpai perangkat sobat mendeteksi mikrotik karena kita sudah menonaktifkan settingan Neighbors Discovery. Berikut ini adalah tampilan gambarnya :

WinBox

Klik Refresh, apabila tab tidak memunculkan informasi mikrotik yang sudah kita setting berarti anda sudah menyelesaikan tutorial pada artikel ini.

 

Cukup mudah bukan ?
Dengan begitu, orang asing yang terhubung pada jaringan kita misalnya client yang berlangganan internet tidak dapat mengetahui informasi mikrotik kita dari IP address, MAC address dan lain sebagainya.

 

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan untuk mengamankan mikrotik.
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua dan orang lain pada umumnya.
Sekian dan terimakasih.

Share artikel kami jika menarik :)

About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.