Mematikan Mac Server

Jokam-Informatika.com Halo gaes, kali ini mimin akan membahas tentang “Cara Mematikan Mac Server Mikrotik” agar perangkat mikrotik kalian menjadi lebih aman dari ancaman hacker. Karena pasalnya, banyak laporan yang menceritakan kronologi kejadian rusaknya konfigurasi sebuah mikrotik oleh orang lain yang tak memiliki izin untuk mengakses perangkat. Sebenarnya, ada banyak sekali faktor mengapa pertas bisa mengakses perangkat dan salah satu diantaranya menggunakan MAC address.

Oleh karena itu, agar sobat bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan maka disarankan agar mematikan salah satu fitur MAC address server yang biasanya digunakan untuk mengakses perangkat.

Penasaran bagaimanakah caranya ?

Namun sebelum kita menuju ke dalam pembahasan, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu Apa sih yang dinamakan dengan MAC address.

Mac Address – Merupakan sebuah alamat yang memiliki panjang karakter 48 bit dan secara permanen tertanam di dalam Read Only Memory(ROM). Karakteristik bentuk alamat mac address terdiri dari 12 digit jumlahnya dengan format setiap 2 digit dipisah. Contoh : “1A:2B:3C:4D:5E:6F atau 1A-2B-3C-4D-5E-6F“. Alamat mac address ditempatkan oleh pabrik pada perangkat yang kinerjanya terhubung pada jaringan misalnya : “bluetooth, wi-fi, router, access point(AP) dan lain sebagainya. Mereka diciptakan unik dan hanya memiliki satu alamat untuk satu perangkat atau port jaringan, hal ini ditujukan agar perangkat bisa mengenali antara satu dengan yang lainnya. Selain itu, keunikan tersebut juga dimanfaatkan oleh pihak berwajib ketika mencari perangkat tersebut di wilayah tertentu maka mereka menggunakan alamat ini untuk melacaknya.

Namun, di lain kasus alamat MAC address bisa di ubah menggunakan metode tertentu dan biasanya kebanyakan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Meski demikian, cara ini sangat tidak disarankan karena dapat mengakibatkan konflik atau bentrok informasi terhadap perangkat yang menyebabkan gagalnya interkoneksi jaringan.

Nah, lalu apa hubungannya min dengan mikrotik ?

Ternyata alamat mac address juga dapat digunakan untuk login apabila kita tidak mengingat IP address atau memiliki kendala untuk login maka alamat MAC address bisa dimanfaatkan. Salah satu kelebihan sekaligus kekurangan dari mac address secara default yakni alamatnya tidak dapat berubah alias permanen. Sehingga, cukup berbahaya apabila orang asing mengetahui alamat MAC address perangkat mikrotik milik sobat.

Lalu, bagaimana cara kita menonaktifkannya ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui selengkapnya :

 

Mematikan Fungsi Mac Server

Dengan cara menonaktifkan fungsi akses menggunakan MAC address maka perangkat sobat hanya diizinkan mengakses menggunakan IP address saja. Hal ini lebih baik dari pada perangkat mikrotik milik sobat diacak-acak oleh orang lain menggunakan alamat fisik perangkat. Sehingga, harap diperhatikan untuk mengingat dan mengetahui betul Berapa IP yang sedang ada pakai sehingga kedepannya sobat dapat mengakses menggunakan IP yang dimiliki. Sedangkan cara mematikannya sebagai berikut ini :

  • Pertama, pastikan sobat sudah login ke dalam mikrotik menggunakan aplikasi Winbox terlebih dahulu.
  • Kedua, setelah itu klik (1). “Tools” kemudian (2). Mac Server. Seperti gambar berikut ini :

Mac Server

 

  • Ketiga, setelah itu klik (1). MAC Telnet Server. (2). Klik tanda panah kebawah. (3). Pilih “none“. (4). Klik Apply (5). OK. Seperti gambar berikut ini :

Telnet

 

  • Keempat, kemudian klik (1). MAC WinBox Server. (2). Klik tanda panah kebawah. (3). Pilih “none“. (4). Klik Apply (5). OK. Seperti gambar berikut ini :

WinBox

 

  • Kelima, kemudian klik (1). MAC Ping Server. (2). Hilangkan centang pada box kotak kecil. (3). Klik Apply (4). OK. Seperti gambar berikut ini :

Ping

  • Terakhir, silahkan sobat mencoba untuk login menggunakan Mac Address pada WinBox mikrotik. Apabila sobat tidak dapat login berarti kalian sudah berhasil melakukan tutorial ini dengan baik.

 

Cukup mudah bukan ?
Dengan cara nonaktifkan fungsi akses menggunakan mac address maka perangkat mikrotik sobat dapat diakses menggunakan IP address saja. Sehingga, jauh lebih aman daripada sebelum ketika masih belum dinonaktifkan.

 

 

Mungkin itulah yang dapat mimin sampaikan pada artikel tentang cara mematikan mac server pada mikrotik.
Semoga apa yang sudah kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi sahabat dan juga orang lain.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.