Hard Reset Button Mikrotik

Jokam-Informatika.com Halo sobat, kali ini mimin akan membagikan artikel tentang “Cara Memproteksi Hard Reset Button Pada Mikrotik” agar perangkat sobat tidak diganggu oleh orang lain. Hal ini sangat penting supaya perangkat router mikrotik tetap aman meskipun berada di tempat umum atau banyak orang misalnya pusat perbelanjaan dan perkantoran. Karena apabila mikrotik milik kita disentuh oleh orang lain pada tombol hard reset button maka pengaturan atau settingan yang ada di dalam mikrotik bisa terhapus dan kembali seperti keadaan saat baru beli alias default.

Apakah sobat menginginkan hal ini terjadi ?

Tentunya tidak menginginkannya bukan ? karena akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk merancang kembali pengaturan yang sudah pernah dibentuk sebelumnya. Belum termasuk apabila sobat menemui beberapa kendala yang menghambat ketika sobat merancang settingan kembali.

 

Proteksi Hard Reset Button Mikrotik

Dengan cara memproteksi nya maka ketika orang lain hendak usil terhadap mikrotik milik sobat maka hal tersebut menjadi percuma. Karena sobat sudah memproteksi nya dari dalam settingan agar fungsi tombol reset tidak berfungsi ketika hendak ditekan. Hal ini tentunya memberi nilai plus terhadap keamanan sistem router mikrotik agar tidak dapat dijahili oleh orang lain. Meski demikian terdapat kekurangan atau kendala Apabila ada mengaktifkan fitur proteksi ini, diantaranya adalah :

Kelebihan Proteksi :

  • Mencegah orang lain mereset perangkat mikrotik menggunakan tombol reset button.

Kekurangan Proteksi :

  • Pemilik kehilangan akses jika lupa username, password ataupun IP address.

 

Namun hal diatas bukan satu-satunya masalah apabila sobat sudah ahli dibidang perangkat mikrotik. Karena pasalnya, sobat bisa memakai cara berikut ini untuk mengatasi kekurangan apabila kalian tidak memiliki akses lagi untuk mengakses mikrotik. Caranya diantaranya adalah :

  • Menggunakan metode Jumper pada routerboard atau papan router yang ada didalam router mikrotik.(Jangan dilakukan apabila anda tidak paham komponen elektronik mikrotik)
  • Menggunakan NetInstall.

 

Apabila sobat sudah paham tentang fungsi atau kelebihannya dan juga kekurangan ataupun faktor resiko yang akan ditimbulkan ketika sobat hendak menerapkan tutorial ini. Maka sobat bisa langsung menuju ke tutorial berikut ini :

  • Pertama, pastikan sobat sudah login ke dalam mikrotik menggunakan aplikasi Winbox.
  • Kedua, kemudian klik (1). System. (2). Routerboard. (3). Klik tombol Settings. (4). Beri ceklis pada box kecil Protected Routerboot. (5). Appy. (6). OK. Seperti gambar berikut ini :

Reouterboard Settings

 

  • Terakhir, silahkan reboot perangkat mikrotik sobat untuk menerapkan settingan yang baru saja kita lakukan.

 

Cukup mudah bukan ?
Dengan begitu perangkat milik sobat akan tetap aman meskipun ditempatkan pada area umum atau public. Karena kita sudah maem proteksi tombol reset sehingga orang asing tidak dapat menggunakannya untuk usil atau menjahili perangkat kita. Selain itu, mimin memiliki saran untuk sobat agar menempatkan perangkat router mikrotik di tempat yang tinggi dan aman dari jangkauan banyak orang sehingga resiko-resiko lainnya yang tidak terpikirkan oleh kita bisa lebih terhindar lagi kedepannya.

 

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan di dalam artikel cara mengamankan tombol hard-reset pada router mikrotik.
Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kalian dan juga semua orang.
Sekian dan terimakasih.

Share artikel kami jika menarik :)

About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.