Cara Mengatasi Gradle Sync Android Studio Error

 

Gradle Sync Android Studio

Jokam-Informatika.com Hai sobat, apakah kalian pernah membuat aplikasi android menggunakan Android Studio ? Apakah sobat tau Gradle Sync yang ada didalam android stuido ? sebuah aplikasi pastinya memiliki kekurangan ketika sedang terjadi masalah, hal error bisa saja kamu temui seperti apa yang sudah pernah mimin rasakan. Pasti tidak enak rasanya, lagi serunya bikin aplikasi eh malah error dan akhirnya membuat pekerjaan kita terhenti deh. Setelah mimin cari kesana kemari solusinya sampai ke rumah mantan, akhirnya mimin menemukan cara yang jitu untuk mengatasi Gradle Sync Android Studio yang error. Namun sebelumnya, sobat pahami dulu tentang apa itu Gradle Sync didalam artikel ini.

Seperti apakah itu Gradle Sync ?

Apa kontribusinya untuk Android Studio ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mempelajarinya lebih dalam,

 

Gradle Sync – Merupakan salah satu fasilitas Android Studio yang bisa error, fasilitas ini merupakan salah satu metode dari Android Studio didalam menyimpan perkakas baik perkakas pembantu, grafik, builder(menciptakan), keamanan dan bahkan segala bidang yang berhubungan dengan aplikasi. Maka dengan adanya Gradle Sync tersebut kita akan dipermudah didalam memproses suatu aplikasi seperti mengimport data, membuat aplikasi maupun menyimpan data statistik yang berhubungan dengan android studio.

Namun, Android Studio akan menyediakan settingan gradle yang umum atau dasar. Jadi apabila anda seorang pembuat aplikasi android yang menggunakan baris perintah yang tidak dasar maka android akan mendeteksi bahwa aktivitas anda memerlukan perkakas yang lebih banyak. Sehingga apabila anda tidak memenuhi hal ini, dengan kata lain anda tidak mengarahkan gradle kedalam sebuah perkakas yang mendukung pengkodean anda yang sudah tidak lagi dasar maka anda dapat menambahkannya secara manual.

Karena apabila tidak dilakukan hal ini, akan mengakibatkan gradle tidak mau atau tidak ingin melanjutkan rendering(pemrosesan) anda dikarenakan sistem pengkodean tidak cocok dengan perkakas settingan yang ada, alhasil saat anda render akan error, error dan error.

 

Mengatasi Gradle Sync Android Studio Error

Error yang terjadi pada kasus ini biasanya anda tidak akan diberitahu kesalahan pengkodingan anda terletak dimana dan file mana, hanya saja peringatan terjadi pada bilah “Preview” dashboard yang ada di bilik kanan. Ataupun error yang diperlihatkan secara langsung dengan cara Android Studio mengarahkan anda kedalam file Gradle yang mana anda diharuskan memperbarui settingan. maka hal ini patut anda perbaiki.

Adapun untuk memperbaikinya agar gradle anda dapat berinteraksi sesuai pengkodean anda maka lakukan hal sederhana ini dibawah :

  • Pertama, anda klik project dari android menjadi “Project”(yang ada diatas kotak paling atas) supaya semua file dapat terlihat sesuai keadaan yang ada pada project dan bukan pada android package,
  • Kedua, lalu anda klik “gradle.properties“.

Gradle Properties

 

  • Setelah itu gantilah kode dasar dari Gradle tersebut yang saya beri kotak atas dengan kode kotak dibawahnya, Berikut adalah kodenya dan gambarnya :

Codenya :

org.gradle.jvmargs=-Xmx1024m -XX:MaxPermSize=512m

Gambarnya :
Gradle Settings

Keterangan :
Kotak merah atas – Merupakan settingan default gradle yang saya disable menggunakan tanda pagar(#).
Kotak merah bawah – Merupakan code yang sedang kita terapkan kedalam gradle.

 

  • Agar tidak lupa apabila suatu saat digunakan kembali apa yang dihapus bisa hanya dengan mendisablenya menggunakan tanda Pagar(#) saja pada awal sebelum kalimat seperti diatas. jadi apabila saya atau anda ingin menggunakannya lagi tinggal hapus tanda pagar dan beri tanda pagar yang lain.
  • Kemudian, untuk menyimpannya dan memproses Gradle agar Synckron dengan semua coding anda maka anda dapat merefreshh gradle dengan cara klik “Gradle Sync” seperti gambar dibawah ini :

Gradle Sync

 

Bagaimana perubahannya ?
Project anda pada Preview tidak akan menampilkan error lagi, karena hal ini anda menggunakan Pixel yang mendukung pada project anda.

 

Namun apabila masalah yang anda alami masih juga terjadi maka, kemungkinan masalah timbul dari gradle utama yang ada di project anda yaitu pada “App“. Untuk mengatasinya maka baca selengkapnya :

Cara Mengatasi Gradle Sync Error Pada Android Studio Part 2

 

Bagaimana? sudah tidak nampak bukan permasalahan tersebut.

 

 

Mungkin cukup sekian penyampaian tutorial dari saya didalam pembahasan Cara Mengatasi Gradle Sync Android Studio Error.
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda dan tentunya orang lain yang mengalami masalah serupa.
Sekian dan Terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.