Cara Mengatasi Gradle Sync Error Pada Android Studio Part 2

 

Jokam-Informatika.com Sobat masih mengalami masalah Gradle Sync Error meski sobat sudah melakukan tutorial sebelumnya ? Pada kesempatan sebelumnya, sudah saya jelaskan cara pertama untuk mengatasi Gradle yang error saat sedang digunakan didalam android studio yang berjudul : Cara Mengatasi Gradle Sync Android Studio Error. Namun apabila sobat masih menjumpai error maka, tak ada salahnya untuk mencoba cara berikutnya seperti yang ada pada artikel ini.

Seperti apakah cara memperbaiki Gradle Sync ?

Simak ulasan berikut ini untuk mempelajarinya lebih lengkap,
 

Gradle Sync – Merupakan salah satu fasilitas Android Studio yang bisa error, fasilitas ini merupakan salah satu metode dari Android Studio didalam menyimpan perkakas baik perkakas pembantu, grafik, builder(menciptakan), keamanan dan bahkan segala bidang yang berhubungan dengan aplikasi. Maka dengan adanya Gradle Sync tersebut kita akan dipermudah didalam memproses suatu aplikasi seperti mengimport data, membuat aplikasi maupun menyimpan data statistik yang berhubungan dengan android studio.

Namun, Android Studio akan menyediakan settingan gradle yang umum atau dasar. Jadi apabila anda seorang pembuat aplikasi android yang menggunakan baris perintah yang tidak dasar maka android akan mendeteksi bahwa aktivitas anda memerlukan perkakas yang lebih banyak. Sehingga apabila anda tidak memenuhi hal ini, dengan kata lain anda tidak mengarahkan gradle kedalam sebuah perkakas yang mendukung pengkodean anda yang sudah tidak lagi dasar maka anda dapat menambahkannya secara manual.

Karena apabila tidak dilakukan hal ini, akan mengakibatkan gradle tidak mau atau tidak ingin melanjutkan rendering(pemrosesan) anda dikarenakan sistem pengkodean tidak cocok dengan perkakas settingan yang ada, alhasil saat anda render akan error, error dan error.

 

Mengatasi Gradle Sync Error

Error yang terjadi pada kasus ini biasanya anda tidak akan diberitahu kesalahan pengkodingan anda terletak dimana dan file mana, hanya saja peringatan terjadi pada bilah “Preview” dashboard yang ada di bilik kanan. Ataupun error yang diperlihatkan secara langsung dengan cara Android Studio mengarahkan anda kedalam file Gradle yang mana anda diharuskan memperbarui settingan. maka hal ini patut anda perbaiki.

Berikut ini adalah cara kedua setelah cara pertama yang sudah anda praktekkan namun tidak membuahkan hasil perubahan, simak baik-baik berikut :

  • Pertama, Anda akses projeknya dengan struktur Project yang diatas kotak paling atas dan ubah dari struktur “Android” Menjadi struktur “Project“,
  • Kedua, Pilih sub folder dari project anda yaitu “App“.
  • Ketiga, Kemudian pilih gradle yang ingin diedit yang bernamakan file “build.gradle“.

Build Gradle

  • Setelah itu, berikan kode pelengkap yang berguna untuk menghubungkan pengkodingan yang bersifat koding sudah tidak mendasar alias (koding kelas medium/ ribet/tidak dasar) maka dibutuhkan beberapa perintah atau deklarasi pendukung dibawah ini :

 

Kode Perintah :

testCompile 'junit:junit:4.12'
compile 'com.android.support:appcompat-v7:24.2.1'
compile 'com.android.support:design:24.2.1'
compile 'com.android.support:support-v4:24.2.1'
compile 'com.android.support:recyclerview-v7:24.2.1'

 

Gambar :
Dependencies

NB : Taruhlah perintah diatas diantara kode yang saya beri warna kotak kuning yaitu dependencies { DISINI } seperti contoh pada gambar tersebut.

 

  • Lalu, untuk menyimpannya tersebut anda dapat mengklik “Sync Gradle” yang saya beri lingkaran merah dibawah ini agar gradle yang sudah anda setting/rubah dapat segera menyelaraskan diri dengan project anda.

Gradle Sync

 

Bagaimana?
Apakah sudah berhasil atau mengalami perubahan pada preview di project anda?

 

 

Itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel yang berjudul Cara Mengatasi Gradle Sync Error Pada Android Studio Part.2.
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda maupun orang lain yang mengalami permasalahan hal ini.
Sekian dan Terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.