Cara Menghapus Username Default Mikrotik Agar Tidak Dihack Orang Lain

 

Menghapus Username Mikrotik

Jokam-Informatika.com Hai sobat, kali ini mimin akan membahas tentang cara “Menghapus Username Default Mikrotik” bagi sobat yang awam ataupun baru beli perangkat router mikrotik. Pasalnya, perangkat baru biasanya ditanamkan pengaturan default atau bawaan pabrik. Kelebihan utama peraturan default digunakan untuk memudahkan pengguna perangkat baru agar bisa mengakses perangkat tersebut, namun di sisi lain kemudahan tersebut disalahgunakan oleh orang yang asing yang tidak memiliki wewenang untuk mengakses perangkat milik sobat. Sehingga, bagi sobat yang sudah mengakses perangkat maka disarankan untuk menghapus username yang digunakan sebelumnya untuk mengakses sebelum disetting lebih lanjut.

 

Penasaran bagaimana cara menghapus username default mikrotik ?

 

Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya lebih lengkap :

 

Admin – Merupakan username bawaan perangkat yang sudah ditetapkan oleh pabrik pada saat perangkat diproduksi. Username ini tidak memiliki password sehingga memudahkan pengguna untuk memasuki perangkatnya apabila telah dilakukan reset atau perangkat masih dalam keadaan baru. Hampir semua perangkat router mikrotik memiliki username ini, sehingga peretas tentunya mengetahui tentang hal ini. Tentunya menjadi sebuah petaka atau bencana apabila sobat membiarkan hal ini terjadi pada perangkat. Oleh karena itu sobat tidak boleh membiarkan peraturan default ini nangkring didalam settingan perangkat mikrotikOS sobat.

 

Lalu apa yang terjadi apabila kita membiarkannya min ?

 

Berikut ini adalah potensi masalah yang akan timbul apabila sobat membiarkan pengaturan pabrik tersebut di dalam perangkat :

  1. Dimasuki Peretas

Peretas atau hacker merupakan orang yang tidak memiliki izin untuk mengakses perangkat sobat. Sebuah perangkat pribadi pada hakikatnya tidak boleh diakses oleh orang lain, karena sistem keamanan apabila bisa diakses oleh siapapun atau public bisa menimbulkan beragam masalah. Bahkan bisa berurusan dengan pihak berwajib apabila perangkat disalahgunakan oleh tangan yang tidak bertanggung jawab.

  1. Settingan Diubah

Settingan yang sudah sobat rancang tentunya memiliki fungsi yang seharusnya sobat perkirakan, akan tetapi semuanya dapat berubah sesuai ekspektasi apabila diubah sesukanya oleh orang lain. Sistem yang seharusnya berjalan dengan normal akan terganggu atau bahkan macet di tengah jalan. Sehingga internet yang seharusnya berjalan dengan semestinya nya namun yang anda dapat justru sebaliknya. Untuk Anda yang memiliki klien internet maka hal ini bisa menyebabkan klien Anda kabur dan tidak nyaman dengan servis internet milik anda.

Hal lainnya yang lebih parah bisa saja timbul dengan mengganti SSID atau nama wi-fi di perangkat sobat dengan kata yang tidak senonoh, hal ini bisa berpotensi pidana apabila ada pihak yang tidak nyaman dengan hal itu.

  1. Perangkat Dirusak

Merusak perangkat tanpa menyentuhnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan peretas, mereka bisa mengganti settingan atau kode tertentu dan mengalihkan semua lalu lintas data ke sebuah teknik tertentu yang bisa membuat perangkat Anda bekerja 2 kali atau bahkan 10 kali lebih keras dalam melakukannya. Dengan terjadinya hal demikian, maka perangkat router bisa menjadi panas atau korsleting.

 

Dengan adanya resiko di atas maka Mimin akan mencoba untuk membantu sobat dalam hal mengamankan perangkat router dari gangguan pihak yang tidak diinginkan, berikut ini adalah caranya :

 

Menghapus Username Mikrotik

Dengan menghapus username bawaan pabrik mikrotik maka sobat bisa terhindar dari kemungkinan peretasan perangkat router.

  • Sebelum melakukannya, pastikan sobat sudah memasuki perangkat mikrotik menggunakan Winbox.
  • Lalu, pilih “System > Users“. Seperti gambar berikut ini :

Menu

 

  • Disitu akan ada username bawaan yakni “Admin” dengan group full serta tidak memiliki password. Seperti gambar berikut ini :

Admin

NB :
Full berarti memiliki akses atau hak untuk mengatur, mengubah, menghapus dan mengunggah/mengunduh semua aspek alias administrator hak akses.

 

  • Sobat tidak dapat menghapus username admin sebelum sobat menyediakan username tambahan yang nantinya dijadikan pengganti dengan rule full(administrator). Berikut ini notifikasi apabila anda tidak menghapus admin tanpa ada penggantinya :

Denied

 

  • Yang perlu sobat lakukan adalah menambahkan username baru yang nantinya dijadikan pengganti user admin. Caranya dengan cara (1). Klik tombol “+“. (2). Isikan username yang sobat inginkan misal “Ano_Jokamp354“. (3). Pilih group “Full” untuk akses administrator. (4). Isikan password dan konfirmasi password yang sama juga. (5). Jangan lupa “Apply” untuk mengonfirmasi. (6). Lalu “OK” untuk menyetujui. Seperti gambar berikut ini :

Create User

 

  • Kemudian untuk menghapus user admin, sobat bisa menggunakan tombol diatas username seperti gambar berikut ini :

Remove Users

 

  • Berikut ini tampilan gambar apabila sobat sudah menghapus user admin dan menggantikannya dengan user lain yang sobat inginkan :

Success

 

 

Cukup mudah bukan untuk mengamankan perangkat router mikrotik dari gangguan peretas ?
Sebenarnya masih ada banyak cara yang harus sobat tempuh untuk mengamankan perangkat router MikrotikOS sobat. Hal itu bisa kalian dapatkan didalam artikel lainnya yang sudah kami publikasikan di website ini.

 

 

Mungkin cukup sekian penyampaian dari artikel ini yang berfungsi untuk membantu permasalahan mikrotik.
Semoga banyak orang yang terhindar dari gangguan peretas terhadap perangkat mikrotik router mereka.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.