Menyimpan Login Mikrotik

Jokam-Informatika.com Halo gaes, kali ini mimin akan membahas tentang tutorial “Cara Menyimpan Informasi Login WinBox Mikrotik” agar sobat tetap bisa mengakses mikrotik tanpa harus mengalami kendala kelupaan sesuatu. Sehingga, ketika sobat melupakan sesuatu baik itu username, password maupun MAC address maka sobat bisa langsung mengatasinya tanpa harus ambil pusing sana sini. Caranya juga terbilang mudah dan sangat simple. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya selengkapnya secara mendetail :

Tapi min, kalau ada seseorang asing mengakses perangkat kita ?

Bakalan tanpa masukin password udah bisa login dong ?

Memang, akan tetapi sobat semua jangan khawatir karena Mimin punya solusinya yaitu dengan menambahkan proteksi password pada login yang sudah tersimpan. Jadi, ketika siapapun ingin mengakses login yang tersimpan maka dibutuhkan password untuk mengaksesnya. Cukup menarik bukan untuk diterapkan ? Simak tutorial berikut ini dengan baik :

 

Menyimpan Login Mikrotik

Aplikasi WinBox menyematkan fitur pada aplikasinya untuk menyimpan password para pengguna perangkat router mikrotik. Fitur tersebut berada di bilah utama bagian bawah ketika sobat ingin login menggunakan aplikasi Winbox. Fitur tersebut bernama “Managed“. Fitur tersebut juga dibekali sistem keamanan menggunakan password sehingga data login pengguna aplikasi ini tetap aman dan tidak bisa diakses oleh orang asing yang menggunakan perangkat.

Berikut ini adalah tutorial cara menyimpannya :

  • Pertama, buka aplikasi WinBox kemudian (1). Isi kolom “Connect To” dengan IP Address atau Mac Address perangkat mikrotik. (2). Isi kolom “Login” dengan username mikrotik kalian. (3). Pada kolom “Password” isi dengan password mikrotik kalian. (4). Kemudian klik “Add/Set“. Seperti gambar berikut ini :

WinBox

 

  • Kedua, secara otomatis kalian akan dibawa ke tab “Managed” dan kalian akan menjumpai informasi login yang kalian simpan.

Saved

Saran :
Alangkah lebih baik sobat simpan informasi alamat Mac address dan IP Address agar lebih lengkap. Jadi, apabila suatu saat sobat memiliki kendala login menggunakan IP maka sobat bisa menggunakan MAC address untuk mengatasinya.

 

Memproteksi Login Mikrotik

Setelah kita berhasil menyimpan informasi login, hal yang harus dilakukan berikutnya yaitu memproteksi nya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang menggunakan perangkat smartphone atau komputer kita. Caranya cukup mudah yaitu seperti berikut ini :

  • Pertama, pada tab “Managed” saat ini silahkan sobat klik tombol “Set Master Password“. Seperti gambar berikut ini :

Set Master Password

 

  • Kedua, setelah itu silahkan sobat memasukan password sesuai keinginan di kolom (1). Password sesuai keinginan sobat. (2). Konfirmasi/masukan ulang password yang sebelumnya sudah sobat inputkan. (3). Lalu klik “OK“. Seperti gambar berikut ini :

Set Password

 

  • Ketiga, setelah selesai tutorial di atas sudah sobat terapkan maka silakan untuk menutup/close aplikasi Winbox. Lalu buka kembali aplikasi WinBox sobat. Apabila tampilan aplikasi Winbox kalian seperti gambar berikut maka kalian berhasil melakukannya :

Log In

 

Bagaimana cukup mudah bukan ?
Dengan tutorial ini sobat tidak perlu repot untuk memasukkan username maupun password sesering kali ketika sobat hendak login ke dalam mikrotik menggunakan Winbox. Sobat dimudahkan ketika hendak login menjadi hanya satu klik saja pada tab managed yang sudah kalian simpan sebelumnya.

 

 

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami sampaikan untuk membantu mengamankan mikrotik.
Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kalian dan juga semua orang agar tidak lupa ketika hendak login Mikrotik.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.