Cara Merawat Access Point Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

 

Merawat Access Point

Jokam-Informatika.com Siapa sih yang tidak suka dengan koneksi internet ? Kebanyakan anak generasi milenial sangat gemar bermain perangkat elektronik dengan bekal koneksi internet, namun perlu kalian ketahui bahwa salah satu sumber internet dapat terpancar adalah Access Point sehingga kita harus merawat dengan baik agar kita bisa terus menikmati internet secara terus menerus jika perangkat kita awet.

Selain itu, apabila sobat merawatnya dengan baik maka sobat sama artinya dengan berhemat karena sobat tidak disibukan untuk terus mengeluarkan uang guna membeli perangkat access point yang baru dikarenakan yang lama sudah rusak. Oleh karena itu, disini mimin akan memberitahukan kepada sobat kiat untuk merawat access point agar senantiasa awet dan tahan lama untuk terus digunakan.

Bagaimanakah cara merawat Access Point yang baik dan benar ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

Access Point – Ternyata juga memerlukan rawatan agar awet dan tahan lama, berikut ini akan kami berikan tutorial merawat Access Point yang mudah dilakukan dan benar. Siapa sih yang tidak mengenal WiFi atau arus data yang disebarkan dengan cara melalui gelombang udara? Wifi yang anda gunakan adalah berasal dari hotspot access point yang sudah terpasang sebelumnya.

Hardware ini memiliki keuntungan yang cukup bagi mereka yang sedang melakukan bisnis kecil-kecilan atau besar yang mencakup banyak pelanggan dengan cara menunggu pada bisnisnya misalnya Warung/Restoran, Cafe, Pangkas rambut dan bahkan sampai kepada klinik sekalipun. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan bisnis tersebut, karena hal ini tentu akan membuat pelanggan anda merasa nyaman dan tidak bosan dengan bisnis yang anda dirikan.

Mka dari itu, aset access point patut dijaga supaya tidak rusak karena perangkat ini akan terus anda gunakan sampai tahun berikutnya atau bahkan bertahan sampai dalam waktu yang lama. Adapun hal yang mempengaruhi keawetannya adalah ditinjau dari beberapa aspek penting yaitu dari segi Merk dan juga Perawatan. Dengan merk yang terbaik dan harga yang mungkin akan cukup merogoh kocek anda adalah pilihan untuk anda yang menginginkan perangkat yang awet untuk digunakan untuk waktu dengan jangka yang panjang.

Sedangkan untuk faktor perawatan maka anda dapat membaca beberapa cara untuk merawat Access Point anda supaya tidak cepat rusak dibawah ini :

 

Tempatkan Jauh Dari Jangkauan Manusia

Tempat yang aman merupakan faktor pendukung agar hardware access point anda menjadi awet, karena apabila ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau manusia maka dapat dipastikan suatu saat akan tersentuh, tertindih barang yang jatuh, terciprat oleh air dan tersenggol. Kesemua faktor tersebut dapat menjadikan hardware anda bermasalah, sehingga perangkat pastinya akan mengalami malfungsi apabila memang yang terjadi terlalu parah.

Sedangkan untuk penempatan yang baik access point adalah di bagian atap, hal ini akan menjauhkan faktor apapun yang dapat terjadi kepada access point anda. Jangan lupa untuk merekatkannya dengan lem yang kuat, atau menggunakan paku. Untuk posisi terbalik atau tidaknya itu tidak menjadikan masalah pada access point, karena komponen dalam posisi apapun juga dapat bekerja dengan baik.

 

Amankan Kabel Dari Ancaman

Selain penempatan access point, penempatan kabel juga perlu diperhatikan supaya hal tidak diinginkan dapat terhindarkan. Apabila anda memiliki keamanan kabel maka anda tidak perlu memasang pada tempat yang aman, anda dapat melindungkan pengaman kabel yang berbentuk balok panjang kepada kabel anda. Pelindung ini akan melindungi kabel anda secara baik, namun hal ini juga terbatas dengan usia plastik yang tidak dapat bertahan lama alias keropos.

Namun apabila anda tidak memiliki dana yang cukup untuk pengaman kabel maka anda dapat menempatkan kabel pada dinding yang paling atas, maka tempat itu akan meminimalisir dari jangkauan hewan yang menggerogoti karet kabel dan manusia yang dapat sengaja atau tidak sengaja memutus kabel.

 

Tempatkan Pada Tempat Yang Sejuk

Suhu tempat juga merupakan faktor berikutnya yang patut anda perhatikan, karena pasalnya access point bukanlah perangkat yang cukup kuat di medan bersuhu ekstrim. Anda dapat menempatkan access point beserta perangkat lainnya yaitu kabel dkk ke tempat yang sejuk, dan jauhkan dari tempat yang mudah terbakar atau mudah mencair supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terutama untuk tempat access pointnya.

 

Matikan Bila Tidak Dibutuhkan

Komponen elektronik terbuat dari bahan-bahan kecil, maka apabila komponen digunakan terus menerus maka akan terjadi peningkatan suhu pada komponen, apabila peningkatan suhu terjadi sepanjang waktu maka komponen akan semakin panas, dan suatu ketika akan terjadi kerapuhan misalnya main board pecah, elektroda hangus atau konsleting, putusnya aliran serabut tembaga dan lain sebagainya.
Maka sempatkan apabila anda sebelum pulang atau mengemasi barang bisnis anda harap cek access point dan pastikan sudah mati terlebih dahulu sebelum ditinggalkan atau tidak digunakan untuk menjaga agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

 

Cek Penggunaan Administrator

Dengan mengecheck penggunaan maka anda dirasa peduli tentang penggunaanya, karena apabila hal ini tidak ditinjau maka anda tidak akan mengetahui siapa saja pengguna yang menggunakan access point anda. Namun yang saya maksud bukan penggunaan datanya, akan tetapi penggunaan fitur penuh access point yaitu Administrator access point, hal ini kebanyakan dimanfaatkan orang lain yang menerobos access point anda dan membuat jalur akses khusus dia dengan kecepatan, user dan password untuk dia gunakan sendiri. Hal ini tentu akan merugikan anda.

Anda dapat memeriksa bagian log administrator, dan coba lihat siapa yang mengakses terakhir kali selain anda. apabila terlihat anda saja maka hal ini sudah jelas anda saja yang terakhir mengotak-atiknya. Saran terbaik untuk pemeriksaan dapat anda lakukan minimal seminggu sekali, karena tidak sedikit orang iseng yang ingin mendapatkan akses gratis ke internet.

Hal ini memang bukan kerusakan yang menjurus pada perangkat keras namun kerugian juga bagian dari keawetan finansial sekaligus perangkat ini.

Adapun tempat yang paling ideal untuk bisnis rumahan anda atau ruko anda, maka anda dapat menggunakan access point indoor saja.

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Merawat Access Point Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda maupun orang lain yang menginginkan perangkat access point miliknya awet.
Sekian dan Terimakasih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • access point name
  • access point name telkomsel
  • access point configuration
  • access point definition
  • access point error
  • access point function
  • access point financial
  • access point indosat ooredoo
  • access point jib
  • access point kent ohio
  • access point konfigurieren
  • access point login
  • access point mode
  • access point name three
  • access point que es
  • access point vs range extender
  • access point vs extender
  • access point wiki

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.