Cara Mudah Untuk Mengetahui Kinerja Laptop Atau Komputer

 

Mengetahui Kinerja Laptop Atau Komputer

Jokam-Informatika.com Pernahkah sobat merasakan lelet pada laptop maupun komputer milik sobat ? Lalu, apakah sobat tahu cara mengetahui kinerja apa saja yang sedang dilakukan sampai-sampai membuat dia lelet ?. Pada umumnya, perangkat komputer memiliki resource untuk menampung hasil intruksi yang akan dilakukan. Jika, banyak intruksi yang belum dilakukan maka hal tersebut akan terus tersimpan didalam media. Nah, apabila banyak intruksi belum dikerjakan sedangkan memori sudah menampung jutaan intruksi sehingga tidak muat maka intruksi baru lainnya tidak dapat terhandle. Sehingga ketika hendak menyimpan intruksi baru maka PC akan menjadi lelet dikarenakan kelebihan muatan. Cara terbaik yakni memeriksa kinerjanya, dan memangkas kinerja yang tidak perlu bahkan tidak dibutuhkan.

Penasaran, seperti apakah caranya ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui caranya secara lengkap,

 

Kinerja PC – Mengetahui kinerja sebuah laptop atau komputer tentulah kewajiban penggunanya agar mereka bisa nyaman menggunakan komputer karena tidak terganggu oleh beban tampilan maupun proses yang terpatah-patah. Sebuah komputer dapat berkerja pada saat anda mengoperasikannya, komputer berkerja dengan menggunakan caranya sendiri yaitu dengan menggunakan perintah atau program yang sudah dirancang oleh pembuatnya sebelum ia di perjual belikan. Komputer sendiri juga memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dari berbagai jenis komputer yang ada dipasaran, komputer dengan spesifikasi atau kecerdasan yang mumpuni tentunya akan lebih nyaman digunakan dan lebih cepat kinerjanya ketimbang komputer yang memiliki spesifikasi dibawah setandard perkomputeran. Untuk memproses suatu komputer akan mengandalkan CPU(Central Processing Unit) yang kemudian akan disimpan pada RAM sebelum dapat digunakan dan di proses.

Nah lalu apakah manfaat apabila kita dapat mengetahui kinerja komputer kita?

Hal ini sangat penting untuk menjaga performa komputer kita agar tidak cepat panas, tidak lag dan lain sebagainya. Kok bisa ? iya, karena kita tentu akan banyak mengetahui dimanakah batas komputer kita berkerja dan pada keadaan apakah sekarang komputer kita ini sedang bekerja. Karena apabila kita tidak mengetahui dan memanagement kinerja maka dapat dipastikan komputer kita tidak akan awet dan cepat dalam keadaan panas, sehingga hal ini akan menyebabkan laptop kita cepat rusak. Bukan hanya rusak, apabila kinerja komputer sudah mencapai batas namun kita tidak memanagement kinerjanya maka hal ini akan membuat komputer kita merasa keberatan dan bukan tidak mungkin apabila anda menjalankan komputer pada salah satu service pastinya akan berhenti atau ini bisa dikatakan lagger. Pastinya anda akan merasa kesal bukan ? namun anda jangan terburu-buru menghentikan apabila apa yang sedang anda jalankan dirasa sangatlah penting seperti pekerjaan kantoran, tugas sekolah, bisnis atau lain sebagainya.

Selain itu, meski anda tidak membuka berbagai sistem servis yang berat namun komputer anda merasa panas maka hal ini patut untuk dicurigai karena bukan mustahil di zaman yang modern ini ada berbagai virus yang memakan banyak servis sampai kinerja CPU anda hingga mencapai ambang maksimal, contohnya adalah “autorun” dan lain sebagainya.

 

Mengetahui Kinerja Laptop Komputer

Berikut ini merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk mengawasi kinerja komputer anda, adapun untuk caranya ada 2 pilihan. yakni :

 

Cara Pertama,

  • Tekan ” CTRL+ALT+DELETE ” kemudian pilihah ” Start Task Manager “.
  • Kemudian anda pilih tab “Performance” untuk mengawasi kinerja komputer anda, dan untuk memanagement program dan services maka anda dapat melihatnya pada tab “Applications|Processes|Services“.

 

Cara Kedua,

  • Tekan ” CTRL+SHIFT+ESC “.
  • Kemudian anda pilih tab “Performance” untuk mengawasi kinerja komputer anda, dan untuk memanagement program dan services maka anda dapat melihatnya pada tab “Applications|Processes|Services“.

Apabila ada program ilegal atau memakan banyak services maka anda dapat ” End Process ” atau ” End Task “.
Keduanya berfungsi untuk menghentikan program yang anda maksud,
Sedangkan untuk komputer yang baik kinerjanya adalah pada bagian CPU akan menampilkan Tidak lebih dari 50% apabila anda sedang tidak membuka sebuah atau beberapa program apapun, dan Tidak menunjukkan 90% lebih apabila sedang membuka sebuah atau beberapa program.

 

 

Mungkin cukup sekian apa yang sudah saya sampaikan dari Cara Mudah Untuk Mengetahui Kinerja Laptop Atau Komputer.
Semoga apa yang sudah saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda maupun orang lain yang belum mengetahui cara agar kinerja komputer kita terjaga dengan baik.
Sekian dan Terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.