Cara Penerapan Fungsi UI System Koin Dan Nyawa Permainan Pada Aplikasi Unity 3D

 

Fungsi UI System Unity 3D

Jokam-Informatika.com Hai sobat, bertemu lagi dengan mimin dan pada kesempatan ini saya akan membagikan tentang penerapan Fungsi UI System aplikasi Unity 3D pada fungsi informasi skor atau nyawa yang ada pada permainan. Pada kesempatan sebelumnya saya memberikan tutorial tentang cara pembuatan Kanvas beserta UI system yang dibutuhkan. Akan tetapi, apabila kalian menjalankan game sistem tersebut maka hal yang sobat dapati ialah tidak dapat mendeteksinya coin dan juga nyawa pemain pada saat dimainkan. Hal tersebut karena belum di deklarasikan.

Oleh karena itu, agar permainan bisa memberikan informasi koin beserta nyawa maka dibutuhkan beberapa perintah script untuk menjelaskan hal itu kepada pemain. Disini kita akan memakai jenis data integer karena coin dan juga nyawa tidak memiliki bilangan koma di belakang bilangan utama.

Seperti apakah cara penerapan fungsi UI System tersebut agar informasi koin dan nyawa pemain dapat terlihat ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui kode dan juga cara pemasangannya,

 

Fungsi UI System – Adalah sebuah kebutuhan yang wajib yang digunakan pada aplikasi Unity untuk memberikan informasi kepada pemain ketika mereka sedang mengalami beberapa kondisi seperti menang, kalah ataupun saat sedang bermain. Tak terkecuali dengan media utamanya yaitu kanvas, kanvas merupakan media desain khusus yang diperuntukkan untuk anda yang menginginkan sebuah pemberitahuan tertentu pada saat kemenangan, kekalahan bahkan saat sedang bermain. Setiap kanvas harus di design sesuai dengan ukuran dan juga resolusi pengguna, sehingga anda harus memperhitungkan secara matang tata letak komponen yang anda pasang pada media kanvas agar tidak berantakan ketika game sedang dimainkan oleh berbagai jenis resolusi smartphone.

Berikut ini merupakan fungsi untuk memperlihatkan fungsi UI System Koin Dan Nyawa pada saat game sedang berjalan :

  • Pertama, buka aplikasi Unity 3D dan (1). Klik kanan pada script player kontroller. (2). kemudian klik “Open“.

Opened Package

 

  • Kedua, lalu lanjutkan dengan tutorial dibawah ini :

Memberikan Deklarasi UI System Teks Dan Integer

Edit pada  public class Player_Controller : MonoBehaviour { DISINI }  dengan script berikut ini :


// Deklarasi Koin/Nyawa Jenis Teks
Text Koin;
Text Nyawa;
// Deklarasi jenis type data Coin/Health adalah Integer
public int Coin;
public int Health;

 

Menghubungkan Komponen Dengan Deklarasi

Edit pada  void Update () { DISINI }  dengan skrip berikut :


Koin = GameObject.Find ("UICoin").GetComponent<text> ();
Nyawa = GameObject.Find ("UIHealth").GetComponent<text> ();

 

Menerapkan Fungsi UI System Pada Komponen

Edit pada  void Update () { DISINI }  dengan skrip berikut :


Koin.text = "Koin : " + Coin.ToString ();
Nyawa.text = "Nyawa : " + Health.ToString ();

 

  • Ketiga, saat tutorial sudah anda masukan maka save script dengan cara “CTRL + S” untuk menyimpannya dan menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi yang dapat menyebabkan kehilangan skrip kita.
  • Keempat, (1). sobat klik pada bagian “player” atau pemain(karakter) didalam game sobat. (2). isi pada bagian “Health” yakni nyawa sesuai dengan keinginan sobat. (3). isi pada bagian “Coin” untuk Koin juga sesuai dengan keinginan sobat pula.

Health Coin

 

  • Kelima, setelah kita edit dan simpan maka coba untuk memainkan game dengan cara meng-klik tombol play, jika tampilan sudah menampilkan informasi coin dan juga nyawa maka berarti anda sudah sukses melakukannya. Berikut ini adalah gambarnya :

Playing

 

Artikel terkait :

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.