Cara Supaya Kabel Data USB Awet Dan Tidak Mudah Rusak

 

Kabel Data USB Awet

Jokam-Informatika.com Sobat pastinya sudah tidak asing dengan perangkat keras bernama Kabel Data USB, akan tetapi apakah sobat sudah memperlakukanya dengan benar ketika menggunakan sehingga perangkat menjadi awet ? Meskipun sangat sepele, tak dapat dipungkiri ada seseorang yang bahkan 5 hari sekali harus membeli perangkat ini karena ia tak dapat menjaga dan merawat USBnya dengan baik dan benar. Alhasil, perangkat baru miliknya tidak mudah bertahan pada beberapa hari yang akan terlewati. Sehingga, mimin akan membagikan tentang bagaimana cara menggunakan dan merawat Kabel USB ketika sedang digunakan maupun tidak digunakan. Oke, langsung saja kita menuju ke artikel yang dimaksud.

Seperti apakah cara merawat Kabel Data USB ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

Kabel Data USB – Merawat agar tetap awet merupakan salah satu tugas utama pemilik perangkat, agar sobat tidak berulang kali membelinya ketika rusak. Kabel Data USB merupakan salah satu hardware yang pada saat ini banyak digunakan kebanyakan orang didalam aktivitas lainnya yang berhubungan dengan hardware tak terkecuali Handphone dan Komputer. Salah satu keuntungan atau manfaat dari penggunaan kabel ini adalah kegunaannya yang dapat dikatakan multifungsi. bagaimana tidak, hanya dengan USB dapat melakukan hal lain seperti pemindahan data, membuat aplikasi, charging dan media modem.

Kabel biasanya dibandrol dengan harga yang murah meriah, karena bisa dikatakan dalam pembuatannya pabrik tidak terlalu kesulitan didalam produksi hardware tersebut. Sehingga tak heran bila harganya mulai dari 5 ribu rupiah. Sebenarnya banyak jenis kualitas USB yang baik di pasaran maupun yang jelek, untuk membedakannya adalah bahwa apabila USB tersebut jelek biasanya untuk digunakan sulit sekali mendeteksi kartu atau internal kita kedalam komputer, hal ini dapat diartikan hanya dapat digunakan untuk charging saja. Sedangkan kualitas normal/umum adalah dapat digunakan untuk kebutuhkan pada umumnya akan tetapi memiliki kabel yang tipis sehingga hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada pengkabelan, kerusakan yang dimaksud biasanya terjadi karena perusak hewan seperti di gerogoti dan tertekuk karena salah didalam penyimpanan.

Selain itu, kabel USB dipercaya support hampir semua jenis handphone didunia asalkan memiliki kualitas yang bagus maka handphone akan secara baik dapat digunakan bersama dengan kabel USB yang sedang anda gunakan.

Namun ada beberapa kendala yang dapat menyebabkan rusaknya USB apabila tidak kita jaga dengan baik, berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga hardware USB milik anda supaya tetap awet :

 

Gunakan Secara Hati-Hati

Belajar untuk tidak terburu-buru atau gegabah dalam memakai barang. Kenapa? Karena jika rusak, baru menyesal. Jangan biarkan kabel USB tergeletak dan simpan ditempat yang seharusnya. Terkadang, kabel USB suka dibiarkan hingga tidak sadar diduduki, terinjak bahkan tertindih karena dibiarkan tergeletak di kasur.

 

Melepas USB dengan benar

Selesai charging, transfer data atau apapun itu, selalu melepas nya dengan menarik dari kabel? Salah besar itu. Melepas kabel USB dari port USB dengan menarik kabel secara langsung bisa membuat kabel bagian dalam rusak dan putus. Cabut atau tarik bagian kepala USB, itu baru benar.

 

Menggulung Dengan Benar

Hal yang paling sering terjadi adalah putusnya atau terganggunya aliran kabel data karena penggulungan yang salah, apabila penggulungan kita salah maka dapat dipastikan hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi contohnya adalah putusnya kabel dan juga terganggunya aliran data karena kondisi kabel yang tidak lagi lurus atau bengkong-bengkong(hampir putus).

 

Jangan Sampai Berkarat

Salah satu penyebab terjadinya kerusakan adalah berkaratnya bagian besi pada USB, hal ini tentu sangat mempengaruhi device anda, selain itu karat juga dapat menimbulkan karat pula di bagian port female USB milik anda, apabila sudah menjamur banyak maka dapat terjadi loss data karena tidak terpasang dengan rapat antara kedua konektor disebabkan oleh karat dan pengeroposan.

 

Hindarkan Pada Kondisi Panas Atau Basah

Kedua kondisi ini tentu dapat membahayakan hardware USB anda, Panas dapat membuat USB anda terbakar dan alhasil tetap menjadikan USB putus atau meleleh bagian pelindung kabel, seangkan udara atau terkena air juga dapat menyebabkan karat bahkan kerusakan sistem pada kepala kabel USB anda.

 

Gunakan pelindung

Agar tidak gampang putus dan aman, pakai pelindung kabel USB yang sedang populer sekarang. Entah berbentuk sprial atau per, kamu bisa pasang langsung ke kabel. Pelindung kabel USB salah satu aksesoris hp yang paling laris di pasaran. Atau mau hemat, bisa buat pelindung kabel USB dari per pulpen yang sudah tidak terpakai.

 

Simpan Dan Rawat Dengan Baik

Dengan cara menyimpan kabel data yang tepat maka dapat menghindarkan USB anda dari berbagai serangan masalah mulai dari terbakar karena api, atau berkarat karena air dan juga tergigit hewan yang dapat memutuskan kabel anda seperti halnya tikus.

 

 

Itulah yang dapat anda lakukan supaya kabel data USB yang anda miliki dapat aman dan juga awet sampai menuanya Handphone anda alias sudah tidak trennya jenis seperti handphone anda.
Mungkin cukup sekian dari penyampaian saya didalam artikel Cara Supaya Kabel Data USB Awet Dan Tidak Mudah Rusak.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang membutuhkan pengetahuan ini.
Sekian dan Terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.