Penyebab Memory Internal Penuh

Jokam-Informatika.com Hai sobat, kali ini mimin akan membahas tentang apa saja penyebab memory internal android cepat penuh. Karena hampir semua pengguna smartphone pastinya 100% dari semua pengguna pernah merasakan internal handphone penuh. Beberapa diantara kalian pasti bertanya-tanya apa sih penyebabnya kok bisa sampai penuh padahal tidak pernah download file berukuran besar ataupun melakukan kegiatan yang banyak menghabiskan memori. Di sini mimin akan membahasnya secara jelas, lengkap dan tuntas.

Hayo, memori hpmu sekarang dalam keadaan penuh bukan ?

Jika iya, maka sobat sangat direkomendasikan untuk membaca artikel ini agar kalian bisa mengetahui apa saja penyebabnya kok bisa memori kalian menjadi penuh. Oke langsung saja kita menuju ke dalam pembahasannya berikut ini :

 

Memory Internal – Merupakan sebuah perangkat keras yang diciptakan untuk menampung data baik itu data aplikasi maupun data dokumen milik pengguna. Biasanya memori ini diciptakan oleh pabrik pembuat smartphone(produsen) dengan kapasitas ruang penyimpanan. Tanpa adanya memori internal ini maka smartphone tidak dapat beroperasi, sama halnya ketika kalian mendapati memori sedang penuh maka aktivitas yang lebih akan dibatasi pada saat itu juga.

Pada umumnya penyimpanan internal diletakkan di dalam smartphone dan tidak dapat dilepas. Sesuai dengan namanya yaitu internal yang berarti di dalam.

Pabrik pembuat handphone juga memberikan fasilitas untuk meninjau atau memeriksa kapasitas yang tersedia melalui file manager. Sehingga para penggunanya bisa tahu apakah kondisi memori mereka sedang penuh atau masih terdapat banyak ruang. Nah, kebanyakan pengguna tidak sempat untuk selalu memeriksa kapasitas memori mereka dan pada akhirnya mereka mendapati penyimpanan sedang penuh atau tidak ada ruang lagi.

Di sini mimin akan memberitahu pada kalian apa saja sih penyebab kok bisa memberi kita menjadi penuh. Simak ulasan di bawah ini :

 

1. Update Aplikasi

Salah satu faktor paling utama yang selalu terjadi yaitu update aplikasi yang mana pada dasarnya ketika aplikasi di-update maka fungsional dan kinerja nya juga bertambah. Tak hanya itu saja, bahkan perkakas yang digunakan di dalam aplikasi bisa saja ditambah oleh developer atau si pembuat aplikasinya. Dengan kata lain aplikasi yang sudah kalian update bisa menjadi terasa lebih berat daripada versi sebelumnya.

Efek yang biasa dirasakan ketika kalian menjalankan aplikasi terasa sangat biasa saja. Akan tetapi semenjak kalian sudah mengupgrade versinya menjadi lebih tinggi, maka sedikit demi sedikit kalian akan merasakan sensasi hangat atau panas pada handphone yang sedang kalian operasikan.

Masalah nomor pertama ini memang tidak dapat ter-elakan, karena kebanyakan aplikasi akan memaksa anda untuk mengupgrade versi lebih tinggi dengan maksud agar fungsinya lebih baik dari sebelumnya terlepas dari kondisi kapasitas kalian yang tidak memadai. Selain itu tujuan update aplikasi memang memperkuat sistem keamanan sehingga apabila kalian ingin aman dan nyaman menggunakan smartphone maka cara terbaik adalah upgrade aplikasi demi keamanan data kalian. Ya meskipun konsekuensi yang harus dibayar yaitu rutin mengganti perangkat setiap 3 tahun sekali agar tetap tetap nyaman menggunakan aplikasi karena terus mengikuti perkembangan zaman.

 

2. Backup Otomatis

Permasalahan nomor berikutnya yaitu backup otomatis yang dilakukan perangkat terhadap data kita. Salah satu contoh permasalahan ini biasanya terjadi pada aplikasi whatsapp yang secara rutin bulanan bahkan mingguan selalu mencadangkan data aplikasi secara rutin. Meskipun cara ini terbilang sangat rekomendasi untuk menjaga data kita agar tidak hilang. Akan tetapi cara ini sangat tidak disarankan apabila perangkat yang kalian gunakan “kentang” atau memiliki spesifikasi penyimpanan yang rendah.

Sehingga, ketika memiliki spesifikasi yang rendah namun tetap dipaksakan maka akan terjadi penyimpan memory internal penuh. Mau tidak mau kalian harus pengecualian pengaturan backup secara otomatis agar memori kalian tidak cepat penuh.

 

3. Berkas Film & Game

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa dua jenis berkas ini menduduki posisi terbesar dari pada jenis berkas yang lainnya. Karena film memang secara umum menyimpan ribuan bahkan milyaran gambar yang ter render(penggabungan) menjadi sebuah film atau video yang memang secara teori dan logis dapat dikatakan besar. Ketika kalian melihat ukuran satu gambar saja, bagaimana kalau milyaran gambar tercipta menjadi sebuah film tentu saja berdasarkan teori matematis yaitu satu gambar x miliaran = pastilah sangat besar.

Kemudian data game juga menjadi salah satu penyebab memory internal kita cepat penuh. Karena data game juga memiliki karakteristik kinerja seperti video yaitu menggabungkan beberapa gambar atau tekstur, akan tetapi data game lebih canggih karena bisa digerakkan secara fleksibel oleh penggunanya.

 

4. Iklan Palsu

Penyebab berikutnya yaitu iklan yang secara sengaja dipasang oleh beberapa oknum ke dalam perangkat kalian dan memanipulasi tampilan layar notifikasi kalian. Dengan kata lain iklan ini tampil di notifikasi smartphone milik kalian dan memberitahukan kalau memory perangkat kalian sedang penuh. Padahal memori kalian masih memiliki banyak ruang, sehingga iklan ini dapat dikatakan palsu untuk mengecoh penggunanya agar melakukan sesuatu yang mereka inginkan misalnya mengklik notifikasi tersebut.

Meskipun hal ini bukan salah satu indikator untuk memastikan bahwa penyebab memory internal kita telah penuh, namun hal ini cukup mengganggu bahkan mengecoh pengguna.

 

5. Jarang Membersihkan Cache

Faktor berikutnya yang jarang banyak pengguna ketahui yaitu jarang membersihkan cache perangkat.

apa sih cache perangkat itu ?

Cache merupakan sebuah metode untuk menyimpan informasi dari aplikasi yang pernah kalian gunakan. Agar suatu saat ketika kalian ingin menggunakannya kembali maka tidak perlu menuliskan data kembali. Karena aplikasi sudah memiliki data yang pernah kalian input kan sebelumnya. Dengan kata lain ketika kalian ingin menggunakan aplikasi kembali maka aplikasi akan mengambil data yang pernah kalian input kan untuk digunakan kembali. Hal ini tentu memudahkan kinerja kalian dalam hal penggunaan aplikasi.

Akan tetapi di satu sisi ruang internal kalianlah yang terpotong, karena data cache perangkat penyimpanan nya masuk ke dalam penyimpanan internal.

Meskipun memudahkan, pastikan terlebih dahulu kalau memori kalian cukup untuk menyimpan data tersebut. Jika tidak, maka yang harus kalian lakukan untuk menghindari memory penuh yaitu membersihkan cache perangkat secara rutin setiap hari.

 

Bagaimana, apakah kalian sudah paham ?

Dengan informasi ini maka kalian akan lebih mengantisipasi terjadinya memori penuh setiap kalian hendak menggunakan perangkat smartphone. Sehingga kalian bisa lebih nyaman menggunakan perangkat tanpa adanya pemberitahuan yang mengganggu.

 

 

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan di dalam artikel yang berjudulkan Inilah 5 Penyebab Memory Internal HP Android Cepat Penuh.
Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian dan juga orang lain agar menambah wawasan kalian.
Sekian dan terima kasih.

Share artikel kami jika menarik :)

About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

2 Comments

  1. Fadli 09/07/2021 at 9:04 PM - Reply

    Wah sangat membantu artikel ini biar saya makin sok tau dan tidak kalah debat dengan bapak saya πŸ™‚ bissmillah dapat giveaway

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.