Inilah Bahaya Bermain Handphone Sambil Tiduran

 

Bahaya Handphone Sambil Tiduran

Jokam-Informatika.com Ada beberapa bahaya handphone yang dapat mengganggu kita jika digunakan sambil tiduran. Hal ini perlu sobat ketahui agar tidak membahayakan diri kalian saat sedang menggunakan perangkat seluler tersebut.

Seperti apakah bahaya yang dapat ditimbulkan HP saat digunakan sambil tiduran ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui dampak bahayanya,

 

Handphone – Ternyata handphone atau smartphone bisa memberikan dampak bahaya pada pengguna jika digunakan sambil tiduran. Smartphone merupakan kebutuhan individu manusia yang tak dapat dipisahkan pada tahun yang sangat modern ini apalagi pada tahun ini sudah berkembang pesat jenis-jenis dan merk HP yang sudah diperbarui dengan berbagai fitur dan kemampuan yang berbeda setiap merek.

Dengan perkembangan tersebut maka layar dan juga ukuran smartphone menjadi lebih besar sehingga gambar yang dihasilkan juga semakin rapat dari sebelumnya. Sejalan dengan perkembangan tersebut Maka hal itu bisa menambah sifat radiasi pada layar smartphone terhadap mata penggunanya bahkan bisa berdampak kepada otak yang menimbulkan bahaya apabila kita sering melakukannya.

hal ini biasanya banyak dilakukan oleh kaum muda atau remaja pada waktu malam hari karena dirasakan sangat nyaman dan enak ketika menggunakan Smartphone dengan posisi tiduran, daripada harus duduk. Padahal apa yang mereka lakukan justru malah lebih mengkhawatirkan terhadap kesehatan mereka.

Berikut ini adalah empat dampak apabila kita mengoperasikan handphone dengan cara tiduran atau berbaring.

 

1. Merusak Mata

Secara otomatis apabila kita menggunakan handphone maka mata kita pun melihat dan membaca tulisan secara fokus. Tak hanya tulisan, konten grafik seperti game juga masuk dalam unsur yang dibahas. Kedua unsur tersebut menggunakan media organ mata untuk menterjemahkan konten yang dilihat sebelum disampaikan kepada otak.

Apabila saat kita menggunakan mata dalam keadaan berbaring maka, hal tersebut adalah sangat berbahaya untuk kita. Karena dapat menyebabkan mata rusak yaitu minus atau bahkan lebih parah dari hal itu. Orang tua juga sering mengingatkan pada putra-putrinya dengan kata “kalian kalau membaca jangan sambil tidur karena hal tersebut dapat berbahaya kesehatan mata kalian”.

Peringatan tersebut bukan tanpa alasan, karena secara medis membaca apapun dengan menggunakan media mata terhadap objek secara fokus, hal tersebut jika dilakukan terus-menerus bisa merusak mata. Nah posisi tiduran memperbesar kerusakan organ kornea dan lensa.

 

2. Leher Menjadi Kaku

Leher dapat menjadi kaku apabila kita terlalu fokus pada handphone kita pada saat berbaring. hal ini terjadi karena kepala berusaha terus fokus pada sebuah objek tanpa adanya gerakan khusus untuk melancarkan peredaran darah. Sehingga tak jarang setelah melakukan pengoperasian HP pada malam hari dengan cara berbaring maka banyak orang merasakan keluhan pada tengkuk leher mereka yang terasa sangat kaku maupun sakit. Tak banyak cara untuk mengobati kaku pada leher selain pijat dan berolahraga sendiri pada lehernya seperti relaksasi.

 

3. Tangan Terasa Pegal

Bahaya nomor 3 ini sering dirasakan para penggunanya yang biasanya mengoperasikan Smartphone untuk mengirim teks di atas rata-rata. Maksud dari teks diatas rata-rata yakni pengguna menggunakan smartphone untuk menulis sebuah kata yang lebih dari 1000 suku kata, karena banyaknya kata yang dibuat maka hal ini bisa mengancam kesehatan tangan anda. Biasanya tangan terasa letih, pegal, nyeri dan agak kesemutan saat menggunakan smartphone.

pada awal mulanya darah beredar ke seluruh tubuh, karena anda menggunakan tangan untuk mengoperasikan smartphone dengan cara berbaring maka peredaran darah akan berkurang di bagian telapak tangan dikarenakan penekanan jari terhadap keyboard atau layar smartphone. Saran dari kami yakni Anda bisa meyakinkan lawan bicara(chatting) baik itu pacar ataupun client untuk melanjutkan pembicaraan atau pembahasan teks dilain hari saat Anda benar-benar bisa duduk dan berdiri.

 

4. Menyebabkan Sakit Kepala Atau Migrain

Setelah bahaya nomor 2 sudah anda alami maka bahaya berikutnya akan timbul yakni migrain dan sakit kepala. Setelah leher terasa kaku dan peredaran darah pada leher terganggu maka otak anda tidak mendapatkan banyak suplai aliran darah sehingga menyebabkan penurunan kerja otak. Darah merupakan satu-satunya sumber jatuh daya energi yang dibutuhkan oleh otak agar bagian-bagian otak dapat berfungsi secara semestinya.

Seperti halnya mesin bermotor, bensin merupakan sumber energi utama mesin agar mesin bisa beroperasi secara semestinya. Saat mesin mendapati dirinya tidak dialiri oleh bensin maka secara seketika komponen motor akan berhenti.

Gambaran di atas menggambarkan diri kita memiliki kinerja yang hampir mirip dengan mesin membutuhkan bensin, beruntung saja darah kita tidak bisa habis sehingga otak masih terus bekerja namun anda akan mendapati kepala terasa sakit apabila aliran darah yang dibutuhkan oleh otak tidak lebih dari minimal.

 

 

Itulah yang dapat saya bagikan dari artikel tentang bahaya menggunakan handphone pada saat posisi tiduran bagi kesehatan anda.
Semoga artikel saya ini dapat bermanfaat dan semoga memberi pengetahuan tentang dampak dari hal tersebut sehingga kalian lebih tahu dan tidak melakukan hal seperti itu di dalam keseharian kalian.
Sekian dan terima kasih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • Bahaya Bermain Handphone Tiduran
  • Bahaya Bermain Handphone Sambil Cara Tiduran
  • Bahaya Bermain HP Dengan Tiduran
  • Bahaya Bermain HP Tiduran
  • Dampak Bermain Handphone Tiduran
  • Dampak Bermain Handphone Sambil Cara Tiduran
  • Dampak Bermain HP Dengan Tiduran
  • Dampak Bermain HP Tiduran
  • Resiko Bermain Handphone Tiduran
  • Resiko Bermain Handphone Sambil Cara Tiduran
  • Resiko Bermain HP Dengan Tiduran
  • Resiko Bermain HP Tiduran

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.