Jangan Ngaku Hacker, Kalau Belum Pernah Menguasai 9 Teknik Paling Dasar Hacker Ini !!!

 

Jangan Ngaku Hacker

Jokam-Informatika.com Pernahkah kalian jumpai teman sobat yang ngaku, pamer screenshoot hijau atau terminal linux agar dilihat seperti Hacker? atau jangan-jangan malah kalianlah yang ngaku sana sini? Hayooo, ngaku ya bambank :). Namun sebelumnya, sobat pastinya sudah mengenal dengan istilah seorang hacker atau peretas bukan ? pastinya kalian menganggap bahwa seorang hacker adalah pengguna yang jahat. Memang, namun tidak semua teknik jahat dimanfaatkan jahat pula oleh kebanyakan hacker di dunia. Ada juga beberapa di antara mereka yang memanfaatkan teknik yang jahat untuk kebaikan misalnya membuat sebuah virus dengan keperluan mengawasi atau memburu buronan yang diincar oleh polisi. Biasanya mereka bekerja pada sebuah badan negara yang memanfaatkan keahliannya, tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi semua negara agar negara tersebut tidak dapat diancam oleh negara lain yang sama memiliki beberapa hacker handal di dalam instansi mereka.

Apakah anda seorang Newbie(Calon Hacker/Skill Belajar) ?

Ataukah seorang Wannabee(Ngaku Hacker/Skill null) ?

 

Lalu, Apa sajakah teknik dasar hacker ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya 9 teknik dasar hacker lebih lengkap,

 

Hacker – Merupakan seorang yang memiliki kemampuan tinggi tanpa ngaku dirinya bisa kepada semua orang, keahliannya jangan diragukan lagi karena predikat julukan ” Hacker ” hanya disematkan pada seseorang yang benar-benar ahli di dalam bidang Program, Hardware, Sistem Operasi, Jaringan dan lain sebagainya yang ada didalam komputer. Ditinjau dari bahasanya, Hacker berarti menipu atau ” Memanipulasi “. Sedangkan yang dimaksud memanipulasi adalah menghindari serta mengecoh sebuah keamanan komputer yang dijaga ketat dengan cara menyusup. Hingga dapat dikatakan hacker menggunakan komputer dengan leluasa tanpa adanya rintangan sama sekali layaknya pemilik menggunakan perangkat pribadinya, dalam artian sangatlah bisa dikatakan lihai tentunya.

 

Jangan Ngaku Hacker

Banyak pengguna internet di indonesia yang mengakui dirinya hacker. Tak hanya anak kecil, bahkan orang yang sudah dewasa.

Namun saya tidak membahas lebih jauh tentang mereka, karena disini saya akan membahas tentang teknik dasar apa saja yang biasa mereka lakukan sebelum mereka menjadi hacker. Karena saya melihat banyak sekali pengguna internet yang mengaku dirinya seorang hacker. Sehingga, tergeraklah hati saya untuk membuat artikel ini. Berikut ini teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang hacker sejati :

 

1. DDOS

DDOS

DDOS – Merupakan kegiatan paling dasar yang dilakukan oleh seorang hacker untuk melumpuhkan sebuah website yang besar untuk tujuan tertentu, kegiatan ini biasanya dilakukan oleh segerombolan orang yang dengan bertubi-tubi mengirimkan paket kunjungan ke dalam sebuah website yang dituju atau diserang. kegiatan ini sangat mustahil dapat dilakukan sendirian, karena mengingat sebuah website pastinya memiliki disket yang besar oleh karena itu dibutuhkan banyak menyerang agar website yang ditargetkan dapat di lumpuhkan secara mudah.

Mereka biasanya membentuk sebuah tim cyber yang berguna untuk komunikasi pada saat ingin melakukan penyerangan secara serentak menggunakan alat mereka masing-masing atau jenis yang sama.

 

2. Deep Web

Apabila anda seorang yang berjiwa calon hacker, maka ketika mendengar istilah ini anda akan merasa tertarik dan tertantang untuk mengetahui secara langsung. Namun apabila anda mendengarnya sudah ngeri, maka hentikan lah mimpi anda untuk menjadi seorang hacker.

Deep Web

Deep Web – merupakan sebuah tata sistem internet yang tidak terdaftar pada database internet internasional. Hal ini terjadi karena website yang mereka buat sudah transkripsi dan yang biasa dipakai adalah nama yang tidak terdaftar pada domain list world. Sehingga hal ini menyebabkan website mereka terkucilkan dan tidak diakui keberadaan mereka didalam dunia internet.

Akan tetapi website mereka masih dapat diakses dan terdampar pada sebuah tempat khusus untuk website yang tidak terdaftar yang dinamakan Deep Web. Untuk mengakses beberapa alamat domain dari Deep Web maka dibutuhkan sebuah alat khusus yang dijuluki dengan Union browser.

Isi di dalam Deep Web diperkirakan memiliki jumlah yang sangat tinggi sekali yang diperkirakan mencapai 92% lebih besar dari jumlah website umum surface web yang biasa kita akses seperti Facebook, Google, Twitter dan lain sebagainya. karena didalam Deep Web berisi data konten yang ter hidden atau tersembunyi dari Surface web, Data pemerintahan, Strategi dan Data Pertahanan, Cache, Cookies, Article dan inti sari lainnya dari Surface Web.

Maka tak heran apabila seorang hacker dapat menemukan data milik orang tertinggi di negara ataupun artis, karena konten di dalamnya sangat melimpah termasuk data chatting anda dengan mantan.

Namun bukan sembarang cara untuk masuk dan mengambil data semua orang karena memerlukan keahlian tertentu, dikarenakan data yang ada di dalam Deep Web benar-benar terenkripsi(Terlindungi) sangat kuat.

 

3. Exploit

Exploit

Exploit – Adalah sebuah metode yang banyak digunakan oleh hacker untuk merumuskan sebuah identifikasi kekuatan dan keamanan sebuah sistem, mereka biasanya menerapkan metode ini untuk mengecek seberapa kuat sebuah sistem website, sistem komputer dan sistem jaringan. Metode Exploit beraneka ragam mulai dari hanya dituliskan dalam syntax atau perintah, diterapkan menggunakan file yang diupload atau memasang nya pada sebuah file yang akan di instalasi kan pada sebuah sistem komputer.

Ciri ekploit adalah memiliki bahasa yang tidak dimengerti orang pada umumnya dan dipercaya oleh hacker untuk membuat jalan baru sebagai metode untuk memeriksa terget mereka sekuat apa.

 

4. Deface

Deface

Deface – Merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengubah tampilan sebuah website menjadi apa yang mereka inginkan, kinerja mereka adalah melewati sistem keamanan website dan memasang sebuah file tampilan website yang sudah di rancang oleh mereka sebelumnya.

Isi dari tampilan yang mereka ubah kebanyakan adalah untuk mengingatkan administrator agar memperkuat sistem keamanan website miliknya. Namun ada pula yang menggunakan metode ini untuk melakukan kejahatan seperti menghilangkan file penting yang ada di dalam website tersebut.

 

5. Phising

Phising

Phising – Adalah sebuah metode yang memanfaatkan manipulasi sebuah website yang dirancang seperti website aslinya akan tetapi memiliki kinerja yang mengarahkan data yang dimasukkan oleh pengguna ke dalam Email ataupun file khusus untuk menerima data korban.

Teknik ini dinamakan dengan Social Engineering atau memanfaatkan kepercayaan manusia. Meski metode ini dikatakan sangat tua atau kuno, masih banyak orang awam yang terjebak di dalamnya sehingga akun yang mereka miliki dapat di retas atau diubah oleh si hacker nakal.

 

6. Backdoor

Backdoor

Backdoor – Adalah metode penyusupan yang diartikan sebagai penyusupan melalui pintu belakang. Biasanya mereka menggunakan file khusus untuk mendukung menerobosan sebuah sistem website maupun komputer. File backdoor dapat menembus pintu karena didesai secanggih mungkin agar peretas dapat memasuki pintu kemudian melakukan segala yang diinginkan didalam server, website, komputer ataupun jaringan internet.

 

7. Keylogger

Keylogger

Keylogger – Merupakan sebuah metode yang paling tua yang pertama dikembangkan dan digunakan untuk merekam aktivitas sebuah sistem komputer ataupun perangkat keras pada saat pengguna memasukkan sebuah data yang penting di dalam komputer miliknya. kemampuan keylogger adalah untuk merekam papan ketik keyboard dan juga tampilan monitor.

Untuk saat ini keylogger sangat mudah untuk terdeteksi sistem operasi sehingga saat ini sudah jarang hacker menggunakannya untuk mengawasi dan mengambil data korban. Akan tetapi hal tersebut sudah tergantikan dengan teknik yang sama akan tetapi lebih modern dan memukau yaitu RAT (Remote Administrator Tool).

 

8. Sniffing

Sniffing

Sniffing – Adalah proses untuk mengambil data pengguna melalui sebuah jaringan internet lokal, mereka biasanya mengambil data yang sudah tersimpan di dalam sistem jaringan internet pada jaringan yang sama.

Untuk melakukan metode ini harus memerlukan kesabaran untuk menunggu agar korban memasukkan data yang dimaksud. Tentunya tidak setiap waktu korban masukkan input data miliknya sehingga diperlukan kesabaran yang sangat besar di dalam menerapkan metode ini.

 

9. Injection

Injection

Injection – Merupakan sebuah metode yang ditujukan untuk mendapatkan akses koneksi internet untuk diri sendiri, biasanya mereka membuat sebuah deklarasi yang menggunakan atau memanfaatkan website suatu operator didalam melancarkan aksinya. Dengan berbekal aplikasi yang dimilikinya maka mereka mengelabui operator untuk memberikan akses internet kepada mereka.

Bagi sobat yang tidak mempercayai adanya internet gratis yang dapat dilakukan oleh Sim Card operator merupakan persepsi yang salah besar, karena di dalam dunia internet tidak ada yang tidak mungkin.

 

Intinya, alangkah baiknya kita mempelajarinya dengan baik kemudian mempraktekannya sampai mahir. Jika orang lain mengetahui kemampuan kita maka, bukan mustahil kalau julukan hacker akan di sematkan pada diri kita oleh banyak orang yang mengakui diri kita hebat.

 

Baca Juga Lainnya :

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Jangan Ngaku Hacker, Kalau Belum Pernah Menguasai 9 Teknik Paling Dasar Hacker Ini !!!.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Teknik Hacker Paling Dasar.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.