Lupa PIN Atau Terblokir ? Ternyata, Beginilah Cara Reset PIN LinkAja

Reset PIN LinkAja

Jokam-Informatika.com Apakah sobat pengguna LinkAja ? Jika iya, sobat pasti pernah mengalami pemblokiran atau lupa PIN akun LinkAja milik sobat. Untuk mengatasinya maka sobat bisa menggunakan fitur Reset PIN yang ada didalam aplikasi LinkAja. Namun sebelum kita menuju ke pembahasan alangkah baiknya kita memperdalam pengetahuan tentang Aplikasi LinkAja ini. Karena pasalnya tak semua orang tahu dan juga menggunakan aplikasi ini.

  • Penasaran seperti apa itu Aplikasi LinkAja ?
  • Dan bagaimana cara mereset akun LinkAja ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan mendetail,

 

LinkAja – Memiliki PIN yang dapat di-Reset penggunanya. Pada awalnya aplikasi ini sebelum memiliki nama LinkAja, pada waktu itu bernama “Telkomsel Cash” atau TCASH. Dilihat dari namanya, aplikasi ini tentunya bergerak dalam bidang keuangan yang mana aplikasi ini memanajemen keuangan kliennya yang kemudian saldo tersebut bisa digunakan untuk keperluan transaksi secara fleksibel melaui media elektronik seperti halnya rekening tabungan. Sedangkan program yang dimiliki aplikasi ini antara lain adalah fitur pembelian melalui smartphone dengan pembayaran TAP. Selain pembayaran aplikasi ini juga mampu untuk transfer dan juga berbagi saldo kepada pengguna yang lain.

Kesuksesan aplikasi TCASH terus berlangsung hingga tahun 2017 dengan menggandeng banyak pengusaha di 34 provinsi yang tersebar di indonesia. Tak main-main aplikasi ini beroperasi hingga mendapatkan persetujuan berupa sertifikat dari bank indonesia pada tahun 2007 dan dipercaya untuk menjalankan sistem uang elektronik di indonesia. Aplikasi ini sukses memiliki 10 juta pengguna lebih pada aplikasi.

Ketika aplikasi ini diluncurkan, pada mulanya aplikasi ini apa dioperasikan menggunakan kartu jenis keluaran telkomsel seperti : KartuHalo, Simpati, Kartu As dan LOOP.

Namun, akhir-akhir ini banyak yang memiliki kesulitan dan kendala dalam hal PIN(Personal Identification Number), mereka bisanya lupa atau bahkan terblokir karena kesalahan system. Akan tetapi, janganlah khawatir karena disini mimin akan menjelaskan bagaimana cara mereset PIN akun LinkAja secara mudah. Berikut ini adalah caranya :

 

1. Pengguna Telkomsel

Telkomsel

Kabar baik bagi pengguna khusus kartu operator Telkomsel, karena sobat dipermudah untuk melakukan reset PIN melalui jaringan telepon dikarenakan aplikasi ini memang pada dasarnya dipelopori oleh Telkom Indonesia sehingga bagi sobat pengguna Telkomsel sangat dimudahkan untuk urusan reset PIN. Berikut ini adalah caranya :

  • Pertama, sobat dapat melakukan panggilan dengan menghubungi *800*99#. Seperti gambar berikut ini :

Telkomsel PIN 1

 

  • Kedua, setelah itu sobat akan mendapatkan SMS untuk membuat PIN melalui *800*91*6DigitPINLinkAja# Silahkan diikuti langkah tersebut. Seperti gambar berikut ini :

Telkomsel PIN 3

Selain itu, pelanggan juga bisa langsung diarahkan untuk login ke aplikasi LinkAja, nantinya pelanggan akan diarahkan untuk membuat PIN baru meski tanpa melalui via call seperti diatas.

 

2. Pengguna Non-Telkomsel

Operator

Untuk pengguna Non-Telkomsel yang menjadi pengguna aplikasi LinkAja, dibedakan menjadi dua jenis diantaranya adalah :

  • Sudah Verifikasi Email

Bagi pengguna aplikasi LinkAja yang ketika pada saat awal mendaftar sudah memverifikasi email sobat ke dalam akun, maka sobat bisa menggunakan email tersebut untuk memverifikasi saat sobat ingin mereset PIN. Caranya pun terbilang mudah yakni :

  1. Login ke aplikasi LinkAja menggunakan nomor HP sobat. Seperti gambar berikut ini :

Email App LinkAja 1

  1. Input OTP dengan benar.
  2. Pada halaman input PIN, silahkan klik tombol ” Lupa PIN “. Seperti gambar berikut ini :

  1. Input alamat e-mail yang pernah di validasi.
  2. Anjurkan pelanggan untuk memeriksa kedalam akun e-mail untuk mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh LinkAja melalui email.
  3. Jika sudah mendapatkan maka klik tombol yang ada didalam pesan Email.
  4. Sobat akan otomatis diarahkan kedalam aplikasi LinkAja dan mulai membuat PIN baru.

 

  • Belum Verifikasi Email

Bagi sobat yang belum memverifikasi email ke dalam aplikasi LinkAja, maka sobat tak banyak pilihan dikarenakan sudah tidak ada jalan untuk membuktikan bahwa anda adalah pengguna yang sah. Namun, sobat hanya dapat melakukan verifikasi secara real dengan cara mendatangi gerai ” Grapari terdekat ” untuk meminta pertolongan agar petugas mereset PIN pada aplikasi LinkAja milik sobat.

Untuk mengecek lokasi grapari terdekat maka sobat bisa menggunakan Google Maps dengan cara mencari ” lokasi grapari terdekat ” atau melalui situs resmi telkomsel berikut ini :

KLIK DISINI

Berkas yang biasa dibutuhkan petugas untuk memverifikasi kepemilikan akun milik sobat maka sobat bisa membawa E-KTP,Kartu Keluarga(KK) atau Akta kelahiran jika dibutuhkan.

Setelah petugas selesai mereset PIN akun milik sobat, maka sobat sudah bisa menggunakan akun tersebut untuk bertransaksi seperti pada umumnya.

 

 

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan untuk membantu sobat yang memiliki masalah terhadap PIN aplikasi LinkAja.
Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk semua orang.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

8 Comments

  1. Cs online 04/07/2020 at 12:52 PM - Reply

    Untuk info hub cs LINKAJA via WhatsApp: 0877-8089-0352

    • Muhammad Kanzhul Umal 06/07/2020 at 2:48 PM - Reply

      Setelah mimin konfirmasi nomor yang ada tersebut, malah memblokir mimin.
      Kemungkinan dia ketakutan.

      Jadi, bagi sobat harap lebih berhati-hati ketika hendak menyelesaikan permasalahan.
      Mimin ingatkan untuk tidak memberikan data akun LinkAja kepada siapapun selain Grapari yang mengatasnamakan pihak LinkAja.

      Salam, mimin.

  2. Ali 08/09/2020 at 6:59 PM - Reply

    Salam jokam min
    Aq jg pemake linkaja non telkomsel, kalo dateng ke Grapari itu nanti udh psti bisa diatasi kan min?
    Gk disuruh oper kesana sini kan ?
    Jzkk

    • Muhammad Kanzhul Umal 10/09/2020 at 12:08 AM - Reply

      Salam juga,
      Mimin saat mengurus LinkAja dan waktu itu terblokir entah kenapa. Setelah mimin cari solusinya ternyata harus dibawa ke grapari, selain itu mimin juga tau dari artikel ternyata LinkAja milik Telkomsel.

      Untuk penanganan, tentu mereka bisa melakukannya asalkan nomor kamu masih aktif.
      Ammiinn…

  3. Aziz 13/09/2020 at 11:50 AM - Reply

    Salam jokam min
    Min saya penguna indosat apakah bisa saya Kalo dateng ke grapari telkomsel nya? Apa bisa diurus min?

    • Muhammad Kanzhul Umal 14/09/2020 at 4:17 PM - Reply

      Bisa, waktu itu mimin pengguna XL Axiata. Menurut mimin, apapun jenis Operator yang kita gunakan itu enggak masalah dan tetap ditangani kok.

      Asalkan kita pemilik sah akun dengan membawa KTP dan nomor aktif di akun LinkAja yang sedang kita urus.

      Semoga membantu.

  4. Bangaji 15/10/2020 at 5:24 PM - Reply

    Saya tidak bisa login link aja terbelokir

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.