Mac Address : Pengertian, Fungsi Dan Cara Mengetahuinya

 

Mac Address

Jokam-Informatika.com Bagi sobat yang sering sekali berurusan dengan si komputer dalam hal jaringan pasti sudah mengenal betul tentang apa sih itu Mac Address. Mac Address merupakan generasi kedua setelah IP address, pengalamatan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan IP didunia yang apabila hanya menggunakan IP saja mungkin akan habis karena IP sendiri dibatasi hanya sampai 255 digit saja per oktetnya.

Namun bagi sobat yang belum atau tidak mengenal tentang Mac Address maka jangan berkecil hati karena kita akan membahasnya bersama-sama disini.

Seperti apakah itu Mac Addrss ?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya,

 

Mac Address – adalah singkatan dari Media Access Control Address, Mac Address memiliki kode unik didalamnya yang dapat diberikan kedalam jaringan, perangkat ataupun hardware tertentu yang bertujuan untuk mengenali perangkat tersebut. Biasanya perangkat dapat dikenali melalui motherboard dan juga jaringan. Perangkat tersebut meliputi NIC Card, Router, Access Point dan lain sebagainya.

Pengalamatan ini diimplementasikan kedalam lapisan Data Link pada 7 Lapisan OSI Layer. Pada jaringan komputer, pengalamatan memiliki alamat sepanjang 48bit (6 byte) dan berguna untuk mengidentifikasi berbagai perangkat komputer, interface maupun node perangkat.

Dalam praktek, jenis alamat ini sering disebut dengan julukan Ethernet Address, Physical Address ataupun Hardware Address. Secara umum perangkat akan disetting oleh pabrik dengan nomor alamat tertentu yang mana digit terdepan biasanya terkait dengan jenis produk tersebut. Alamat akan dibuat unik dan berbeda dari komonen lainnya ataupun jenis sama pula. Dan penulisannya biasanya memiliki bentuk 6 angka desimal yang dipisah dengan menggunakan titik dua.

Maka dengan adanya alamat tersebut, komputer lain dapat mengenali perangkat anda ketika anda sedang berada didalam jaringan publik. Karena apabila sebuah perangkat tidak memiliki alamat maka dapat dipastikan jaringan menolak perangkat yang tidak memiliki identitas tersebut sehingga tidak dapat terkoneksi kepada jaringan.

Pada umumnya Physical Address tidak dapat diganti karena sudah tercatat kedalam ROM Komputer, akan tetapi ada beberapa cara yang tidak disarankan yang dapat mengganti alamat dikarenakan dapat menyebabkan malfungsional. Karena apabila disebuah jaringan ditemukan identitas yang sama tersebut dapat menyebabkan conflict antara komputer atau perangkat yang berkaitan, sehingga komunikasi tidak dapat dilakukan dengan baik.

 

Fungsi Mac Address

Seperti sudah dijelaskan diatas, bahwa fungsi utama jenis alamat ini adalah untuk mengidentifikasi diri sebagai perangkat yang berhak ikut serta mengakses jaringan. Jenis alamat ini bagaikan KTP penduduk, penduduk boleh ikut serta dengan memperlihatkan Identitasnya. Dan apabila terjadi kecocokan yang sama dengan pemegang identitas lain (Konflik) atau tidak memiliki identitas maka dapat dipastikan Penduduk tidak diizinkan ikut serta atau komputer tidak dapat/tidak diizinkan terhubung kedalam jaringan.

 

Cara Mengetahui Mac Address

Meski tidak begitu penting untuk mengetahui, namun apabila anda menginginkan alamat untuk keperluan tertentu seperti identifikasi atau lain sebagainya maka anda dapat mengetahuinya secara mudah. Apabila anda adalah pengguna windows, maka anda dapat menggunakan cara berikut ini untuk mengetahui alamat dari perangkat anda :

  • Pertama, Bukalah Aplikasi “Command Promt(CMD)” dengan cara menekan tombol “Windows+R“.
  • Kedua, Lalu tuliskan “cmd“.
  • Ketiga, Setelah terbuka aplikasi CMD maka tuliskan “ipconfig/all” pada CMD. Maka akan terlihat semua perangkat jaringan anda dan juga alamat Mac Address(Physical Address).

Berikut ini adalah penampilannya :

Mac IP

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Mac Address : Pengertian, Fungsi Dan Cara Mengetahuinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Mac Address.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.