Menampilkan Tahun Auto Update Footer Website Menggunakan Javascript

Menampilkan Tahun Javascript

Jokam-Informatika.com Sobat pasti memiliki masalah update tahun footer, sobat beruntung karena kami sedang membahas “Menampilkan Tahun Javascript“. Meski terbilang sangat sepele, namun apabila masalah tersebut kita segera diatasi maka kedepannya akan merepotkan sobat sendiri. Dikarenakan apabila tahun yang ada di footer website milik sobat tidak auto update tahunnya, maka langkah yang harus dilakukan yaitu menggantinya secara manual dari tahun ke tahun.

Tentunya hal tersebut sangat merepotkan bukan ?

Akan tetapi, sobat tenang saja karena disini kita akan menyelesaikannya bersama-sama menggunakan metode pemrograman javascript. Scriptnya juga terbilang cukup ringan sehingga ketika website mulai memproses nya, hal ini tidak terlalu berdampak signifikan terhadap kinerja website milik sobat. Apabila, struktur website milik sobat memakai pemrograman html maka tutorial ini sangat cocok sekali untuk sobat terapkan ke dalam website sobat.

Nah, kalau website kita memakai pemrograman PHP bagaimana min ?

Jika struktur website milik sobat dibangun menggunakan pemrograman php. Maka sobat bisa menggunakan tutorial berikut ini : Cara Menampilkan Waktu Lengkap Pada Pemrograman PHP

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, alangkah baiknya kita membahas tentang apa saja fungsi penampilan tahun yang biasanya diterapkan di dalam website.

Biasanya, informasi tahun atau waktu dipakai oleh programmer untuk menampilkan informasi waktu kepada pengunjung agar mereka tahu pada saat kapan mereka mengunjungi website milik sobat. Selain informasi waktu kepada pengunjung, fungsi informasi tahun juga dapat sobat gunakan untuk identitas sejak tahun berapa hingga tahun berapa website milik sobat berdiri. Biasanya, tahun tersebut disandingkan dengan fitur copyright yang ditempatkan pada bagian footer website atau kaki website, lebih tepatnya pada bagian bawah dari struktur website. Dan masih banyak fungsi lainnya yang bisa sobat terapkan terhadap website milik sobat tentang fitur informasi tahun ini.

 

Menampilkan Tahun Javascript

Sebenarnya, ada dua metode yang bisa sobat terapkan di antaranya adalah cara simple dan cara yang kompleks.

Keterangan :
Cara simpel akan menampilkan tahun saja, sedangkan cara kompleks akan menampilkan hari, tanggal, bulan dan tahun.

Oke, langsung saja kita menuju ke pembahasannya untuk menampilkan tahun ke dalam whatsapp milik sobat. Berikut ini merupakan tutorialnya :

 

Metode Simple (Tahun)

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu tempat mana yang ingin ditampilin tahun yang selalu update tahun saat ini, misalnya bagian footer sebelah copyright.
  • Terakhir, maka sobat bisa memberikan kode javascript berikut ini dan sisipkan kedalam coding copyright milik sobat :
<script>document.write(new Date().getFullYear());</script>

Sobat akan mendapati tahun terbaru sekarang, sehingga sobat tidak perlu repot-repot mengganti tahun setiap tahunnya. Karena script ini otomatis mendapatkan informasi realtime tentang tahun saat ini.

 

Metode Kompleks (Hari, Tanggal, Bulan & Tahun)

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu tempat mana yang ingin ditampilin informasi waktu yang selalu update waktu sekarang ini, misalnya splash pop up di beranda website.
  • Kedua, maka sobat bisa beri kode berikut ini di dalam “</head>“. Berikut ini codenya :
<script language="JavaScript">
    var Calendar = new String();
    var Name_Days = ("Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu");
    Name_Days = Name_Days.split(" ");
    var Name_Month = ("Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember");
    Name_Month = Name_Month.split(" ");
    var Cal = new Date();
    var Days = Cal.getDay();
    var Dates = Cal.getDate();
    var Months = Cal.getMonth();
    var Years = Cal.getFullYear();
    Calendar = Name_Days[Days] + ", " +Dates+ " " + Name_Month[Months] + " " + Years;
</script>
  • Terakhir, script diatas hanya deklarasi function dan untuk memanggilnya diperlukan code untuk calling yang bisa sobat tempatkan di daerah coding pop up milik sobat. Berikut ini codenya :
<script language='JavaScript'>document.write(Calendar);</script>

Setelah sobat menerapkannya, sobat akan mendapati huruf, tanda baca dan angka yang memiliki informasi waktu sesuai dengan yang kalian harapkan.

 

Cukup mudah bukan ?
Apabila masih ada kendala pada saat mengimplementasikan nya, maka sobat bisa berkomentar di kolom komentar bawa artikel ini untuk menanyakan hal sambut kepada kami. Kami akan berusaha membantu sobat sampai berhasil.

 

 

Mungkin cukup sekian tutorial dari kami yang membahas tentang cara menampilkan informasi waktu menggunakan javascript.
Semoga artikel kami ini bisa membantu semua orang untuk menangani permasalahan tersebut.
Sekian dan terima kasih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • Footer digunakan untuk
  • Footer javascript
  • Design footer
  • Copyright footer
  • Footer website
  • Fungsi footer
  • Footer and header

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.