Pengertian Dan Kegunaan Konektor RJ45 Lengkap

 

Pengertian Kegunaan Konektor RJ45

Jokam-Informatika.com Sobat tahukah apa itu Konektor RJ45 ? Tahukah kalian pengertian dan kegunaan dari alat ini ? jika kalian anak TKJ(Teknik Komputer Dan Jaringan) pasti mengenal hal ini, karena pasalnya alat ini diciptakan untuk keperluan jaringan terutama penggunaaan jaringan local(LAN). Bentuknya mungil namun berperan penting untuk jaringan, oke langsung saja kita ke pembahasannya.

Seperti apakah itu Konektor RJ45 ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui selengkapnya,

 

Pengertian Konektor RJ45 – Memiliki kegunaan didalam jaringan local, Konektor RJ45 adalah singkatan dari Registered Jack 45 yakni kepala atau konektor pada kabel suatu jaringan yang umum dan paling banyak digunakan, karena simpel dan juga memudahkan kita didalam instalasi. Karena semua hardware mendukung port untuk menerima RJ45 sebagai media penyalur data dan transport pada jaringan komputer,

Konektor RJ45 juga dapat kita gunakan sebagai konektor baik itu LAN (Local Area Network) maupun media jembatan antara device yang berbeda maupun sama seperti Komputer dengan Komputer, Router dengan Router, Switch dengan Switch dan lain sebagainya.

Anda dapat menemukan konektor ini biasanya dapat anda temukan pada kepala kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang biasanya umum digunakan untuk jaringan per-komputeran dan STP (Shielded Twisted Pair) Menghubungkan ke transciever.

 

Kegunaan RJ45

RJ45 diciptakan bukan berarti tanpa alasan, mulai dari desain hingga fungsional juga konektor ini dipikirkan dengan matang. Berikut ini kegunaan dari RJ45 antara lain ialah :

  1. Agar memudahkan pemindahan kabel apabila ingin mengalihkan suatu jaringan ke jaringan yang lainnya,
  2. Agar kita tidak tersengat arus listrik baik itu listrik aseli atau listrik statik dari komputer.
  3. Agar kita dapat men-troubleshooting(memeriksa kerusakan) apabila terjadi kerusakan pengiriman data.
  4. Menjadikan kita tahu dari fungsi setiap sub kabel yang digunakan, karena pada dasarnya port RJ45 tersebut tersambung kedalam Motherboard dan mempunyai daya dari Power Suply. dan hal tersebut mempunya daya dan fungsi masing-masing dari perbedaan warna tersebut.

 

Adapun Pin RJ45(Jumlah Lubang) dari konektro RJ45 adalah 8 lorong yang berguna untuk menghantarkan arus ke port RJ45. Anda dapat membelinya di toko komputer terdekat untuk mendapatkannya, dan harganya sangat terjangkau, namun apabila anda salah didalam pemasangan terhadap kabel maka hal tersebut bisa dikatakan gagal dan harus diganti oleh konektor lain sampai benar-benar perfect.

Didalam pemasangan dibutuhkan sebuah alat khusus yang digunakan untuk pemasangan RJ45, dan tang tersebut bernama Tang Crimping.

Tang Crimping

Untuk pembahasan Tang Crimping bisa anda baca berikut ini,
Baca Selengkapnya :

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan pada artikel berjudulkan Pengertian Dan Kegunaan Konektor RJ45 Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.
Sekian dan terimakasih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • Pengertian RJ45 Lengkap
  • Pengertian RJ45
  • Pengertian Konektor RJ45
  • RJ45 Konektor
  • Konektor RJ45
  • Cara Installasi Konektor RJ45
  • Kinerja RJ45
  • Fungsi Konektor RJ45
  • Fungsi RJ45
  • RJ45 Kabel
  • Kabel RJ45
  • Fungsi RJ45
  • Fungsi Kabel RJ45

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.