Power Supply : Pengertian, Warna Kabel Dan Fungsinya

 

Power Supply

Jokam-Informatika.com Tahukah sobat tentang komponen paling utama didalam komputer ini ? Komponen ini bernama Power Supply. Perangkat keras ini memiliki tugas sebagai penghantar catu daya utama suatu perangkat komputer agara semua komponen dapat bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Pada umumnya perangkat ini berbentuk kubus dan memiliki kipas pendingin khusus di salah satu sisi kubus(kotak).

Seperti apakah itu Power Supply itu ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

 

Pengertian Power Supply

Power Supply – dalam arti bahasa indonesia adalah Sumber Daya(Pemasok Daya) dan biasa disebut oleh orang teknisi yakni PSU(Power SUpply) merupakan komponen utama dari komputer yang dapat menyalurkan daya dari listrik untuk dibagi kepada komponen pheriperal komputer agar komponen diantaranya seperti Harddisk, Motherboard, Lan Card, Monitor, Keyboard dan lain sebagainya dapat berfungsi sebagaimana mestinya pada kategori yang dapat dilakukan perangkat tersebut.

Setiap komponen memiliki warna kabel khusus yang berbeda dan ini berarti tegangan untuk setiap komponen haruslah berbeda, karena jumlah tegangan konsumsi setiap komponen berbeda maka perangkat ini memiliki berbagai warna kabel yang tujuannya adalah untuk memenuhi berbagai jenis ukuran konsumsian berbagai komponen yang berbeda kunsumsi tegangan tersebut.

Jenis arus yang disalurkan dari listrik ke Power Supply adalah berjenis AC(Alternating Current) atau “arus bolak-balik”, namun perangkat ini ternyata dapat mengubah arus tersebut menjadi DC(Direct Current) atau “arus searah”. Karena pada dasarnya jenis konsumsi listrik pada komponen yang ada di komputer biasanya adalah arus searah saja, maka hal ini memang cocok untuk perangkat.

Power supply umumnya terdapat didalam casing laptop atau casing CPU, sehingga hal ini mencegah terjadinya konsleting atau gangguan dari luar yang langsung terkena pada perangkat ini. Maka dengan adanya casing tersebut perangkat keras(hardware) ini dapat lebih terlindungi dari dampak luar casing. Ukuran perangkat keras ini beranekaragam tergantung dari desai, ukuran dan sebagainya yang dikeluarkan dari vendor pabrik. Namun anda tidak perlu khawatir apabila anda membeli komputer atau laptop biasanya didalamnya sudah terdapat Power Supply alis sudah (satu paket). Namun toko komputer juga menyediakan perangkat secara terpisah bagi anda yang gemar atau ingin merakit komputer sendiri.

Pada power supply terdapat sebuah port khusus yang berjeniskan IEC 60320 C14 yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat dengan sumber tegangan yakni listrik.

 

Warna Kabel

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa setiap Kabel PSU memiliki peran untuk menyalurkan tegangan yang berbeda-beda, hal ini terjadi karena tembaga atau isi didalam kabel didalamnya memiliki ketebalan berbeda-beda. Tak hanya itu saja, Komponen didalam kubus perangkat keras ini juga dapat mengontrol arus sehingga dapat dikeluarkan sesuai dengan daya warna menjadi akurat(tidak kurang dan tidak lebih).

Berikut ini merupakan berbagai jenis warna dan juga tegangan yang dihasilkan :

Warna Kabel Power Supply
No.WarnaTeganganWarnaTegangan
1Jingga+3.3 VoltColat+3.3 Volt Sense
2Kuning+12 VoltBiru-12 Volt
3Merah+5 VoltUngu+5 Volt Standby
4Putih-5 Volt
5Abu-AbuPower GoodHijauPower ON
6HitamGround

 

Fungsi

Fungai paling utama dari perangkat ini adalah sebagai alat yang mampu menyuplai energi atau listrik kepada para komponen yang bekerja didalam komputer. Yang mana arus listrik dari sumber listrik yang memiliki jenis arus AC kemudian diubah menjadi jenis arus DC lalu disampaikan pada semua komponen yang membutuhkan arus daya. Dan perlu diketahui bahwasannya komponen yang ada didalam komputer kesemuanya hanya bisa menerima arus DC dan tidak cocok untuk menggunakan arus AC.

Setelah hardware menerima daya dari sumber listrik yang berjeniskan AC maka perangkat akan mengubah daya tersebut menjadi arus DC yang hanya dapat merembet searah hingga habis pada sebuah komponen pengonsumsu. Pada era yang sudah maju ini. Power Supply sudah dilengkapi dengan keunggulan yang dapat melindungi dirinya dari korsleting listrik, mencegah panas berlebih dengan kipas, perlindungan dari arus yang berlebihan(Overload). Maka dari itu anda supaya tahu betul jenis dan keunggulan perangkat ini sebelum merakit komputer atau membeli Perangkat secara terpisah tersebut.

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Power Supply : Pengertian, Warna Kabel Dan Fungsinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahuinya.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.