UDP : Pengertian, Fungsi, Kelebihan Dan Fitur UDP

 

UDP

Jokam-Informatika.com Tahukah tentang salah satu protokol jaringan yang disebut dengan UDP ? bagi sobat yang berkutat pada sebuah jaringan komputer tentunya sudah tidak asing dengan istilah UDP maupun TCP. Protokol ini berguna sebagai protokol yang memungkinkan pengguna memanfaatkan berbagai macam jenis protokol lain yang ada di komputer.

Seperti apa sajakah kinerja protokol UDP pada jaringan ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mempelajarinya,

 

UDP – Memiliki kepanjangan yakni User Datagram Protocol, adalah salah satu jenis protokol di dalam jaringan komputer. Dengan adanya protocol ini maka berbagai jenis aplikasi di dalam komputer dapat berkomunikasi dengan aplikasi lain ataupun perangkat lain menggunakan sebuah jaringan. Protokol ini bekerja tanpa membutuhkan pengakuan dari protokol lain apabila sedang digunakan oleh pengguna, dalam artian singkat tidak memerlukan perlakuan khusus seperti proses negosiasi koneksi data antar dua komputer host yang sedang bertukar informasi.

Selain itu protokol ini memiliki pesan yang tidak membutuhkan label khusus ataupun pemberitahuan pada pengguna.

 

Fungsi UDP

Berikut ini merupakan fungsi dasar yang dimiliki oleh protocol ini yakni :

  • Lebih cocok untuk digunakan dalam hal yang membutuhkan kecepatan transfer data seperti video, chatting ataupun streaming.
  • Lebih ringan apabila bekerja daripada protokol lainnya sehingga tidak memakan banyak processor ataupun memori.
  • Dapat melakukan transmisi broadcast pada semua protokol tanpa memerlukan koneksi awal dengan host terlebih dahulu, sehingga protokol ini langsung mengirim beberapa paket pada tujuan yang di alamat kan atau ditugaskan.

 

Kelebihan

Protocol ini sangat dbutuhkan oleh komputer karena protocol ini dapat bertindak dengan cara menyebarkan paket dengan berbagi jumlah bandwidth yang signikan bersamaan dengan data aktual. Dalam sebuah kasus video streaming, Ribuan paket data harus diteruskan hingga sampai menuju ke pengguna. Tentunya tidak semua pakai data terus sampaikan kepada pengguna secara mulus, maka tugas dari protokol ini memperhatikan paket mana yang hilang dan memperbaikinya hingga sampai pada pengguna.

Anda akan merasakan apabila sedang melakukan streaming video dan terjadilah buffering maka hal tersebut adalah sebuah kinerja dari protokol ini untuk memperbaiki data yang hilang.

 

Fitur UDP

Protokol ini memiliki peran bermanfaat di bidang internet, berikut ini merupakan beberapa fitur yang dimiliki oleh protocol ini :

  • Digunakan saat data tidak mempunyai pengaruh yang signikan.
  • Merupakan protokol yang baik untuk data yang mengalir dalam satu arah.
  • Sederhana dan cocok untuk komunikasi berbasis query.
  • Tidak berorientasi koneksi.
  • Tidak menjamin pengiriman data yang dipesan.
  • Merupakan protokol yang cocok untuk aplikasi streaming seperti VoIP, multimedia streaming.

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan UDP : Pengertian, Fungsi, Kelebihan Dan Fitur UDP.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang UDP.
Sekian dan terimakasih.

PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini.

Kemudian, kami akan segera menyampaikan pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


About the Author:

CEO & Founder JOKAM INFORMATIKA [OFFICIAL]

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.