Please wait...

CIPHER


Cipher adalah sebuah metode algoritma untuk menampilkan enkripsi ataupun dekripsi, serangkaian proses yang terdefinisikan sebagai prosedur. Informasi yang asli disebut sebagai Plaintext. Sedangkan bentuk informasi data sudah dienkripsi disebut sebagai Ciphertext. Informasi data Ciphertext berisi seluruh informasi dari pesan Plaintext yang diproses dengan metode algoritma, namun tidak dalam bentuk format yang dapat dibaca ataupun dipahami oleh manusia dan juga komputer tanpa menggunakan mekanisme yang tepat untuk melakukan dekripsi data.

Cipher biasanya memiliki parameter dari sebagian informasi utama yang disebut sebagai kunci(Key). Prosedur enkripsi sangat bervariasi tergantung pada kunci yang akan mengubah proses operasi algoritma. Tanpa menggunakan kunci, Cipher tidak dapat digunakan untuk Enkirpsi ataupun Dekripsi.

ENKRIPSI


Enkripsi adalah sebuah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca ataupun dimengerti oleh siapapun. Biasanya metode ini dimanfaatkan oleh seseorang atau kelompok bahkan negara tertentu untuk mengamankan data informasi penting mereka agar terhindar dari hal yang tidak mereka inginkan. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi pertama kali dibentuk dan dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan dan dikembangkan oleh pengguna yang ingin fasilitas keamanan yang sama tersebut seperti halnya Internet e-commerce, Jaringan Crypto, Digital Currency, Jaringan telepon seluler, System aplikasi dan juga Jaringan ATM perbankan.

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, akan tetapi tidak mengurangi kemungkinan untuk dikembangkan dalam sektor bisnis, teknologi maupun komunikasi. Contohnya adalah Message Authentication Code (MAC) atau Digital Signature, Scanning Code, Networking Authentication, Sensor Verification Data.

DEKRIPSI


Dekripsi adalah sebuah proses yang berlawanan dari metode enkripsi, jika istilah enkripsi adalah naik maka dekripsi bertindak untuk menurunkan posisi menjadi normal seperti semula. Hal ini juga berlaku untuk data informasi yang sudah dienkripsi, jika data tersebut ingin dibaca maupun diolah maka haruslah dikembalikan kedalam bentuk semula agar manusia dapat membaca isi pesan data informasi yang sebelumnya dienkripsi tersebut.

Administrator :

Name : Muhammad Kanzhul Umal
Email : [email protected]
Facebook : CLICK HERE
Whatsapp : CHAT NOW
Fanspage : JOKAM INFORMATIKA[OFFICIAL]